PERAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Yayuk Suprihartini Politeknik Penerbangan Palembang
  • Ari Supadi Universitas Islam Annur Lampung
  • Marlin Marlin Manajemen Pendidikan Islam
  • Yuliza Andriyani Siregar Stikes Bhakti Husada Bengkulu
  • Mohan Taufiq Mashuri Universitas Islam Negeri Mataram
  • Dyah Vierdiana Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41604

Keywords:

Virtual Reality, Pembelajaran Interaktif, Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran teknologi Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran interaktif di perguruan tinggi dengan metode studi literatur. Berdasarkan analisis terhadap berbagai penelitian sebelumnya, VR terbukti meningkatkan keterlibatan mahasiswa, pemahaman konsep yang kompleks, dan kemampuan untuk menerapkan teori dalam praktik. Teknologi ini memberikan pengalaman pembelajaran yang imersif dan aman, terutama dalam bidang seperti kedokteran dan teknik. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan, termasuk biaya tinggi, keterbatasan infrastruktur, dan kebutuhan akan pelatihan bagi tenaga pengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa VR memiliki potensi besar untuk merevolusi pendidikan tinggi, tetapi keberhasilan implementasinya memerlukan pendekatan holistik yang mencakup pengembangan kurikulum, infrastruktur yang memadai, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur dengan menyoroti gap penelitian dan memberikan rekomendasi untuk penerapan VR di berbagai disiplin ilmu.

References

Candra, C., Zahara, Z., Hakim, F., Lusono, A., & Kraugusteeliana, K. (2024). PELUANG DAN TANTANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI ERA SOCIETY 5.0. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).

Salim, D. (2024a). PENERAPAN METODE PENYUSUTAN MENURUT KETENTUAN PAJAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN DI PT BUANA RANTAI BERKAT ABADI MEDAN. Jurnal Studi Akuntansi Pajak Keuangan, 2(3), 146–151.

Salim, D. (2024b). PROSEDUR PENYELESAIAN KLAIM PADA PT ALLIANZ INDONESIA CABANG MEDAN. Jurnal Ekonomi Manajemen, 28(1).

Siagian, M. V. S., & Tanjung, F. S. (2023). ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABEL PADA RESTORAN CALISTA BINJAI. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 83–91.

Sitompul, P. N. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Obat-Obatan Di Apotik Nasional Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(2), 75–84.

Sitompul, P. N. (2024). Metode Vector Autoregressive (VAR) dalam Menganalisis Pengaruh Inflasi Terhadap Ekspor Dan Impor Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6541–6555.

Sitompul, P. N., Patni, N. L. P. S. S., Munir, S., Kraugusteeliana, K., & Indrianti, M. A. (2024). PENINGKATAN FINANCIAL BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL EXPERIENCE (STUDI PADA PELAKU UMKM DI INDONESIA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2).

Sitompul, P. N., Winata, C., Sihite, L., & Ariadi, E. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA AGEN ASURANSI (STUDI PADA PT PANIN DAI-ICHI LIFE–SUKSES AGENCY). Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 3(2), 33–42.

T-test, U. B., & ROA, C. A. R. (n.d.). STUDI KOMPERATIF KINERJA BANK UMUM SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Bank Syariah dan Bank Konvensional yang terdaftar di OJK tahun 2023).

Tambunan, H. N., & Pandiangan, S. M. T. (2024). Pengaruh Kegunaan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 650–658.

Tanjung, F. S., Hendarti, R., & Siagian, M. V. S. (2023). PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UD. BSS KOTA MEDAN. Mount Hope Economic Global Journal, 1(3), 75–82.

Wardana, B. (2024). IMPLEMENTASI METODE WEIGHT PRODUCT UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. PERTAMINA GAS. Journal of Software Engineering and Information System (SEIS), 16–22.

Wardana, B., & Hermanto, H. (2024). Implementasi Microservices di Situs Web Frontend. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JUPTIK), 2(1), 24–27.

Wardana, B., & Sumijan, S. (2021). Perangkingan Potensi Guru dalam Penentuan Calon Kepala Sekolah Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 189–196.

Winata, C. (2024a). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Widya Techno Abadi. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 238–246.

Winata, C. (2024b). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk PF di CV. Putera Fajar Medan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2), 766–774.

Bailenson, J. (2018). Experience on demand: What virtual reality is, how it works, and what it can do. W. W. Norton & Company.

Cheng, K.-H., Yang, Y.-F., Chang, S.-H., & Kuo, F.-R. (2017). 3D virtual reality vs. 2D video for learning and memory in education. Educational Technology & Society, 20(4), 33-44.

Freina, L., & Ott, M. (2015). A literature review on immersive virtual reality in education: State of the art and perspectives. The International Scientific Conference eLearning and Software for Education, 1(133), 133-141.

Huang, H.-M., Rauch, U., & Liaw, S.-S. (2019). Investigating learners’ attitudes toward virtual reality learning environments: Based on a constructivist approach. Computers & Education, 55(3), 1171-1182.

Makransky, G., & Lilleholt, L. (2018). A structural equation modeling investigation of the emotional value of immersive virtual reality in education. Educational Technology Research and Development, 66(5), 1141-1164.

Merchant, Z., Goetz, E. T., Cifuentes, L., Keeney-Kennicutt, W., & Davis, T. J. (2014). Effectiveness of virtual reality-based instruction on students’ learning outcomes in K-12 and higher education: A meta-analysis. Computers & Education, 70, 29-40.

Pantelidis, V. S. (2010). Reasons to use virtual reality in education and training courses and a model to determine when to use virtual reality. Themes in Science and Technology Education, 2(1-2), 59-70.

Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2020). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers & Education, 147, 103778.

Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic approaches to a successful literature review. Sage.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for performing systematic reviews. Keele University Technical Report.

Okoli, C. (2015). A guide to conducting a standalone systematic literature review. Communications of the Association for Information Systems, 37(1), 43-66.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.

Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a methodology for developing evidence-informed management knowledge by means of systematic review. British Journal of Management, 14(3), 207-222.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Suprihartini, Y., Supadi, A., Marlin, M., Siregar, Y. A., Mashuri, M. T., & Vierdiana, D. (2025). PERAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 772–777. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41604

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.