STUDI KASUS TENTANG PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMETAAN KONSEP UNTUK MEMBANTU IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28340Keywords:
Teknologi Pemetaan Konsep, Identifikasi Kesulitan Belajar, Pembelajaran Efektif.Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan teknologi pemetaan konsep sebagai alat untuk membantu identifikasi kesulitan belajar siswa dalam konteks pendidikan. Melalui metode studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi berbagai temuan terkait penggunaan teknologi pemetaan konsep dalam pendidikan, termasuk manfaat, tantangan, dan rekomendasi untuk implementasi yang lebih efektif. Temuan utama menunjukkan bahwa teknologi pemetaan konsep dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa, mengidentifikasi miskonsepsi, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan belajar siswa. Meskipun demikian, implementasi teknologi ini juga menghadapi tantangan, seperti kebutuhan akan pelatihan bagi guru dan siswa, serta integrasi dengan kurikulum yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi pemetaan konsep memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran yang efektif dan inklusif, dengan syarat bahwa pelatihan yang memadai dan penyesuaian kurikulum dilakukan secara tepat.References
Abidin, D., Aminudin, M. S., Supriatna, E., Alvinuri, K. K., & Ramadhan, I. (2024). Between Potential and Environmental Influences for Individual Success: A Review from An Educational Perspective. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 95–104.
Afanda, D. M., Lendra, L., & Kristiana, W. (n.d.). Study of Literature on Risk Management for Employee Health and Safety in Construction Projects. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 21(1), 106–111.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Akhmadi, A. (2021). Implementation of Blended Learning in Training. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.214
Antonia, E. J., Gawei, A. B. P., Meilawaty, O., Waluyo, R., & Lendra, L. (2023). Analisis Kuat Tekan Beton Menggunakan Agregat Lokal di Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas. Jurnal Serambi Engineering, 8(4).
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).
Handayani, F., Lendra, L., & Puspasari, V. H. (2024). STUDI LITERATUR FAKTOR KEBIJAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA PEKERJA PROYEK KONSTRUKSI. JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING BUILDING AND TRANSPORTATION, 8(2), 245–255.
Haryanto, S., Aziz, A. A., Syakhrani, A. W., Muslim, S., & Judijanto, L. (2024). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA DI ERA SOCIETY 5.0. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 1–9.
Huda, S. A., Jaenudin, J., Muqtashid, A., Widiatna, A. D., & Nababan, H. S. (2023). Analysis of Online Learning Applications During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(4), 747–757.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
Lendra, L., Robby, R., Adji, F. F., & Faqqih, M. (2023). Aplikasi Estimasi Biaya Bangunan Gedung Berdasarkan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Berbasis Macro Excel. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 21(4), 319–328.
Lendra, L., Robby, R., & Faqih, N. (2023). OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA MENGGUNAKAN APLIKASI LiPS PADA KEGIATAN PENDAMPINGAN PROYEK DRAINASE KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(2), 151–161.
Lendra, L., Tjakra, J., Handayani, F., Sintani, L., & Angela, V. F. (2024). Model for Implementation of Occupational Health and Safety Management Policy for Enhanced Performance of Construction Workers. Journal of Public Health, 12(2), 294–306.
Lendra, L., Wibowo, M. A., & Dwi Hatmoko, J. U. (2023). A Systematic Literature Network Analysis: Research Mapping of International Roughness Index. Instrumentation, Mesures, Métrologies, 22(3).
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.
Purwantoro, A., & Wibowo, G. (2023). Evaluasi Kelayakan Investasi Alat Berat Di Kalimantan Selatan: Feasibility Evaluation of Heavy Equipment Investment in South Kalimantan. JURNAL SAINTIS, 23(02), 1–10.
Purwantoro, A., Wibowo, G., & Lendra, L. (2024). FEASIBILITY EVALUATION OF HEAVY EQUIPMENT RENTAL INVESTMENT IN SOUTH KALIMANTAN. JURNAL DISPROTEK-Computer: Information Systems, Informatics; Engineering: Electrical, Industrial, Civil; Aquaculture., 15(1), 9–14.
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.
Rati, N. W. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM JARINGAN BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR.
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269.
Sarumaha, Y. A., Pratama, R., Saputri, W. O. D., & Hofifah, R. T. (2024). Penggunaan Alat Peraga Papan Peluang Matematika pada Materi Peluang Kelas VII SMP. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 142–151.
Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21–30.
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480.
Sugiarso, B. A., Narasiang, B. S., Pranajaya, S. A., Gunawan, T., Fayola, A. D., Marzuki, M., & Arifianto, T. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4999–5004.
Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 09 Nomor 01 Tahun 2021, 113 – 119, 09, 113–119.
Ulimaz, A., Salim, B. S., Yuniwati, I., Marzuki, M., Syamsuddin, A., & Tumpu, A. B. (2024). PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1962–1976.
Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Baso Intang Sappaile
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.