STRATEGI CITY BRANDING KOTA ENDE SEBAGAI KOTA PANCASILA

Authors

  • Alfian Harbiyanto Universitas Nusa Nipa
  • Lusia Katarina Pare Seda Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30669

Keywords:

Branding, City Branding, Branding Strategi, Pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola strategi City Branding Kabupaten Ende sebagai Kota Pancasila. Pola strategi dibagi kedalam 4 aspek yaitu Aspek Mitra (image), Aspek Atraksi/daya tarik (attraction), Aspek Prasarana (infrastructure) dan Aspek Penduduk (People). Subjek dari penelitian ini adalah Birokrat dan Masyarakat Kabupaten Ende. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta dokumentasi.Informan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik sugiyono.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan dari temuan tentang strategi city branding didapatkan bahwa Pemerintah dan Masyarakat telah melaksanakan 4 aspek dengan dengan optimal tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik terkait komunikasi dan promosi. Sebagian besar birokrat Ende belum mampu menjelaskan konsekuensi dan pemahaman mereka terhadap city branding. Di sisi lain, keikutsertaan masyarakat untuk mempromosikan city branding mereka juga belum optimal dan diharapkan penelitian ini dapat memberi kontribusi terhadap aspek yang digunakan.

References

Larasati, dkk.(2016). "Potensi wisata dalam pembentukan city branding Kota Pekanbaru." Jurnal komunikasi 10.2 .99-116.

Lestari, R. B. (2016). Membangun citra sebuah kota dalam persaingan global melaui city branding. Junal Ilmiah STIE Multi Data Palembang, 5(1).

Mihardja, dkk.(2018). "Pemanfaatan Potensi Ekowisata sebagai Strategi City Branding Kabupaten Pinrang."

Damastuti, dkk.( 2018). Strategi City Branding Kabupaten Malang “The Heart Of East Java” dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang). Diss. Universitas Brawijaya, 2018.

Rusadi, dkk. (2019). "Strategi City Branding oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dalam Peningkatan Daya Tarik Pariwisata." WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik dan Birokrasi 5.2 .16-21.

Wibisono, dkk.(2019). "Strategi Branding Kota Surabaya Sebagai Kota Sejarah, Budaya, Dan Perdagangan." Universitas Mercubuana. Diperoleh dari http://publikasi.mercubuana. ac. id/index. php/narada.

Yu, dkk. (2019). "Studi Mengenai City Branding Kota Yogyakarta sebagai Kota Pelajar di Indonesia." Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan 13.1. 31-46.

Arwanto, (2020): 322-328."Strategi City Branding Kota Surabaya Sparkling Surabaya dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan." PERSPEKTIF 9.2 .322-328.

Sulistio, dkk. (2021). "Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis."

Firiansyah, dkk.(2020). "Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Pekanbaru dalam City Branding Pekanbaru sebagai Smart City Madani." Jurnal Pendidikan Tambusai 6.2. 13825-13834.

Hanindharputri, dkk.(2022). "STRATEGI BRANDING SURABAYA SEBAGAI KOTA BERSEJARAH." SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi). Vol. 5.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Harbiyanto, A. ., & Seda, L. K. P. . (2024). STRATEGI CITY BRANDING KOTA ENDE SEBAGAI KOTA PANCASILA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8933–8940. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30669