STRATEGI PERSONAL BRANDING MAHASISWA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Nipa)

Authors

  • Alfian Harbiyanto Universitas Nusa Nipa
  • Elisabeth regina Bungalia Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23939

Keywords:

Personal Branding, Instagram.

Abstract

Personal branding merupakan fenomena yang unik. Jika kita lihat dari praktik hidup sehari-hari, disadari atau tidak, sebenarnya setiap orang bisa mempunyai merek sendiri, jadi bukan hanya produk atau perusahaan saja yang bisa memiliki merek. Sementara branding tidak merujuk langsung ke sebuah nama, ketika kita bicara tentang personal branding, nama kita adalah merek yang kita bawa. Masyarakat bisa langsung membedakan beberapa nama dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai personal branding Mahasiswa Universitas Nusa Nipa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi Deskriptif. Data yang didapatkan, diperoleh dengan hasil wawancara secara langsung dengan salah satu Mahasiswa Universitas Nusa Nipa yaitu @sindidiaz06. Selain itu data juga didapatkan dengan hasil observasi, studi pustaka serta dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa @sindidiaz06 dikatakan membentuk personal branding dengan menggunakan teori dramaturgi sebagai kerangka berpikir utama. Hasil analisa peneliti menemukan bahwa dalam proses membangun personal branding melalui media sosial Instagram, setidaknya terdapat tiga tahapan, yaitu (1) memilih peran; (2) mensetting performance; (3) impression managemen. Terdapat beberapa hal yang bisa ditampilkan untuk menunjukkan "siapa aku?" melalui profil Instagramnya, diantaranya: (1) konsep foto; (2) caption foto; (3) Tagline/hashtag. Selanjutnya, setelah suatu kesan atau image telah berhasil melekat pada diri, maka diperlukan adanya pengelolaan kesan untuk mempertahankan kesan yang telah dibangun.

References

Creswell, Jhon W. Research Design: Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Goffman, Erving. The Presentation of Self In Everyday Life. Edinburgh: University of Edinburgh Social Sciences Research Centre. 1956.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika. 2010.

Khedher, Manel. Personal Branding : Towards Conceptualization. International Conference on Business, Economics, Marketing & Management Research, Vol. 2, pp. 7-12, 2014

McNally, David dan Karl D. Speak. Be Your Own Brand, a Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd. Berret-Koehler Publishers. 2012.

Nurudin. Media Sosial Baru. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfa Beta. 2012

Fitriyanti, N. (2017). Facebook dan Instagram sebagai media publishing karya komikus di Melati Komik Studio Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya., 1, 1–476. https://doi.org/10.1017/

Lidya Wati Evelina dan Fitrie Handayani, Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra),Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 01, No.01, 2018, hal 74

Maulhayat, F., Kesuma, A. I., & Amiruddin, H. Peran Instagram di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. 1–18. 2018.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Harbiyanto, A. ., & Bungalia, E. regina . (2023). STRATEGI PERSONAL BRANDING MAHASISWA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Nipa). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 944–954. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23939