PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI SMP INDO GLOBAL MANDIRI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29597Keywords:
Discovery Learning, Model Pembelajaran, Minat Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Discovery Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa di SMP LTI Indo Global Mandiri Palembang. Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya harus mampu mengembangkan keterampilan intelektual, tetapi juga keterampilan sosial dan personal siswa. Metode Discovery Learning, yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan tersebut.Observasi yang dilakukan di SMP LTI Indo Global Mandiri Palembang menunjukkan bahwa metode Discovery Learning secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Siswa yang diajarkan dengan metode ini menjadi lebih aktif, kreatif, dan mandiri dalam proses belajar mereka. Selain itu, hasil belajar mereka juga menunjukkan peningkatan yang lebih baikReferences
Apri Dwi Prasetyo dan Muhammad Abduh, (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Ester Reni Sawitri, Model Discovery Learning Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. (Magelang:Tisara Grafika, 2022)
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5-10.
Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2 .1544
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246-253.
Siti Khasinah (2021). Discovery learning: definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meiliza Amelia Andariska , Aulia Heny Sakinah, Siti Aisyah, Chaterine Nabila, Syarnubi Syarnubi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.