PENGARUH PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA (STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT PUTRI HIJAU)

Authors

  • Fitriana Fitriana Universitas Potensi Utama
  • Siti Aisyah Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21909

Keywords:

Kepatuhan Membayar Pajak, Program Pemutihan, KesadaranWajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Pemutihan Pajak,   Kesadaran Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Membayar  Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Putri Hijau). Penelitian ini dilakukan di Kantor SAMSAT Putri Hijau. Metode penelitian dalam penelitian menggunakan Metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar di kantor SAMSAT Putri Hijau sebanyak  889,430 dan sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan studi kepustakaan dan media angket (kuesioner). Penelitian dilakukan di tahun 2023. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik dan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh tingkat perbandingan 5% serta menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara parsial, dan menggunakan uji f untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Pemutihan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak secara parsial berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, sedangkan Kualitas Pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hasil penelitian secara simultan Program Pemutihan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua.

References

Agung Widhi Kurniawan, Zarah Puspitaningtyas. 2016. 4 Philosophy of Science Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku. https://kuliahfreddy.files/2019/04/metode-penelitian-kuantitatif.pdf.

Siti Aisyah, Ratih Anggraini Siregar, Taufiq Risal, Ina Liswanty, Tika Nirmala Sari, & Adiharianto. (2023). Analysis of the Effectiveness of Tax Socialization Activities to Increase Compliance with Paying Land and Building Taxes (Case Study of Communities in Medan Labuhan District). International Journal of Sustainable Applied Sciences, 1(4), 339–352. https://doi.org/10.59890/ijsas.v1i4.474

Aisyah, Siti . (2019) Penerapan Perhitungan Pajak Penghasilan (PPH) Pasal 21 Pada Karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.1.1.2019.78-87

.(2023). Analisis Efektivitas Penerapan Audit Mutu Internal Menggunakan ISO 9001:2015 Pada PT. Anugerah Indo Maritim Sejahtera. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. E-ISSN :2986-6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8215536.

Ridho Gilang Adiko, R.A. Siregar (2022) Analisis Peran Audit Internal Dalam Menilai Penagihan Utang Usaha Pada PDAM Tirtanadi Medan Cabang Medan Labuhan. Aktiva Jurnal Akuntansi dan Investasi Vol. 7 No. 2 November 2022. DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v7i2.1648

Ratnawati Dewi. (2023). Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja Manager Penjualan (Studi Kasus Pada PT. Astra Daihatsu Krakatau). Vol. 2 No. 1 e-ISSN: 2963-7643: p-ISSN: 2963-8194. DOI: https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i1.978

(2022). Analisis Peran Audit Internal Dalam Menilai Efektivitas Pengihan Piutang Usaha Pada Pdam Tirtanadi Medan Cabang Medan Labuhan. Jurnal Akuntansi Dan Investasi Universitas Madura. ISSN 2502-7379 dan E-ISSN 2549-4090. http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v7i2.1648.

.(2023). Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja Manager Penjualan (Studi kasus pada PT.Astra Daihatsu Krakatau). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Bisnis. e-ISSN :2963-7643. https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i1.978.

(2023). Analisis Efektivitas Peran Audit Sumber Daya Manusia Pada Kantor Walikota Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal) Universitas Potensi Utama.ISSN:2656-4203. http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.5.2.2023.

(2020). Pengaruh Akuntansi Pertanggungjawaban Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Transit Syariah Medan. Jurnal Akuntansi Dan Investasi Universitas Madura. ISSN 2502-7379 dan E-ISSN 2549-4090. http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v5i2

(2022) Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran (Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal) Universitas Potensi Utama. ISSN: 2656-4203. http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.198-206.

Ammy, B. (2023). Pengaruh Pemutihan Pajak Kendaraan, Pembebasan BBN, dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderating. Riset & Jurnal Akuntansi, 1-11.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2021. Kota Medan Dalam Angka 2011 - 2020. Diakses 04-05 Maret 2021 https://sumut.bps.go.id/.

rnal MAIBIE (Management, Accounting, Islamic, Banking, and Islamic Economic) , 38-56.

Fitri Dzulfitriah, C. S. (2021). Pengaruh Program Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan BermotoSSSSSSSSSSSr Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Samsat Kabupaten Garut. Akuntansi STIE STEMBI BANDUNG, 1-8..

Yulitiawati, P. O. (2021). Pengaruh Program Pemutihan Pajak,Pembebasan Bea Balik Nama, Dan Sosialisasi Perpajakan,Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten OKU. Jurnal Ilmiah Ekonomika, 1-16.

Yusuf, M. Y. (2022, April 18). Pengertian Pemutihan Pajak Kendaraan, Pemburu Pajak Murah Silahkan Merapat. Retrieved Maret 21 , 2023, from idxchannel.com:

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Fitriana, F., & Aisyah, S. . (2023). PENGARUH PROGRAM PEMUTIHAN PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA (STUDI KASUS PADA KANTOR SAMSAT PUTRI HIJAU). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2433–2443. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21909

Most read articles by the same author(s)