PENGARUH PERMAINAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSI

Authors

  • Anisa Fadliati Universitas Islam Riau
  • Chindy Purnama Dewi Universitas Islam Riau
  • Elisa Ferlina Nduru Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29067

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Pengaruh Permainan Terhadap ABK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  permainan terhadap perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus dalam Pendidikan inklusi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan study literatur atau di sebut dengan studi Pustaka dengan teknik analisis deskriptif Proses pengumpulan data dan memahami informasi jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian ini . Dilakukan melalui situs jurnal online yang dapat diakses dan di download versi full text Sumber data elektronik yang digunakan meliputi, ScienceDirect dan Google Scholar. Hasil dari penelitian ini yaitu, pengaruh permainan bagi anak berkebutuhan khusus guna perkembangan kognitif anak melalui Pendidikan inklusi, dengan menerapkan permainan kepada anak berkebutuhan khusus dapat meningkatkan keterampilan sosial anak, kreativitas anak, mampu meningkatkan pemikiran anak secara perlahan dalam pemecahan masalah, serta anak dapat menambah rasa percaya diri, serta tidak adanya keterbatasan yang di karenakan kondisi fisik anak, maka pendidik dapat menyesuaikan permainan yang di terapkan terhadap anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kondisi pada anak.

References

Pristiwanti, Desi, et al. "Pengertian pendidikan." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4.6 (2022): 7911-7915.

Khadijah, Khadijah. "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini." (2016).

Rahim, Abdul. "Pendidikan inklusif sebagai strategi dalam mewujudkan pendidikan untuk semua." Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3.1 (2016).

Adlini, Miza Nina, et al. "Metode penelitian kualitatif studi pustaka." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6.1 (2022): 974-980.

Yanuar, Tiara, Diah Anggraeny, and Siti Mahmudah. "Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi." Jurnal Citra Pendidikan 3.3 (2023): 1080-1086.

Oktaviani, Eva, and Imawan Eko Setiyono. "Pengembangan Ethnoscience Puzzle Guna Mendorong Kemampuan Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus." Journal of Telenursing (JOTING) 5.2 (2023): 3060-3068.

Marisana, Dela, and Nenden Ineu Herawati. "PENGARUH KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.3 (2023): 5072-5087.

Nurmayunita, Heny. "Pengaruh terapi bermain kolase terhadap konsentrasi anak berkebutuhan khusus di sekolah berbasis inklusi." Jurnal Keperawatan Malang 3.2 (2018): 57-66

Kase, Adelsi, et al. "Pengaruh Penggunaan Permainan Puzzle dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Berkebutuhan Khusus." Indonesia Journal of Religious 4.2 (2021): 33-43.

STKIP, Perpustakaan. "MENDORONG PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI SLB NEGERI JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020." STUDENT REPOSITORY (2021).

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Fadliati, A. ., Dewi, C. P. ., Nduru, E. F. ., & Mustika, D. . (2024). PENGARUH PERMAINAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6519–6524. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29067