PROFESIONALITAS GURU KELAS V DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 42 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22953Keywords:
Profesionalitas Guru, Pembelajaran IPA, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profesionalitas guru kelas V mata pelajaran IPA dan hambatannya di SD Negeri 42 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas V, tempat penelitian ini di SD Negeri 42 Pekanbaru, Jl. Adi Sucipto Kelurahan Sidomulyo Timur Marpoyan. Tahap prosedur penelitian ini yaitu permasalahan, menentukan fokus penelitian, pelaksanaan penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Diperoleh hasil Profesionalitas guru kelas V dalam mata pelajaran IPA dan hambatannya di SD Negeri 42 Pekanbaru terdiri dari 2 kemampuan guru yaitu mengasah pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran IPA dan merancang program pembelajaran IPA. Pada mengasah pengetahuan dan keterampilan guru menunjukkan penguasaan dalam pengajaran materi IPA yang disampaikan dan melaksanakan teknik-teknik pembelajaran IPA. Pada merancang program pembelajaran IPA guru menyusun program tahunan pembelajaran IPA, penyusunan program semester pembelajaran IPA, merancang rencana pelaksanaan pembelajaran IPA, melakukan tindak lanjut siswa pembelajaran IPA dan melakukan evaluasi.References
Adisel, A., Ramadhani, F. D., Alexander, L., & Paresga, I. (2022). Penerapan Strategi dan Metode Pembelajar IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 234-239. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3559
Amin. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 1-10. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.44
Daha. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Dalam Pembelajaran Di Kelas IV SD Negeri Longka Kabupaten Gowa Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Fitria, dkk. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 1(2), 81-94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru: sebuah kajian pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132.
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.
Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Irfan. (2019). Pengaruh Profesionalisme Guru Penjas Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA Negeri I Kajuara Kabupaten Bone (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14470
Monika, K. A. L., Mahendra, S., & Suranata, K. (2018). Pelaksanaan pengajaran pengayaan untuk siswa yang memiliki prestasi belajar dalam pembelajaran kurikulum 2013. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.24176/jino.v1i2.2303
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167-1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518
Mustika, D. (2017). Kajian Praktis Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Learning Cycle 5E. GERAM, 5(1), 43-48.
Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360-373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325
Sanjani. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287
Sari. (2017). Menjadi Guru Profesional di Era Globalisasi. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Sulthon. (2017). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1).
Susilo, D. (2021). Manajemen perencanaan pembelajaran sistem daring menggunakan aplikasi google classroom masa pandemi covid-19. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 26-42.
Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan materi pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia mahasiswa s1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 72-82. https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5559
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Intan Febriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.