KETIDAKSIAPAN SDN 169 SEBAGAI SALAH SATU SEKOLAH YANG DIPILIH OLEH DINAS PENDIDIKAN PEKANBARU UNTUK MENERAPKAN SEKOLAH INKLUSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29089Keywords:
Akses Pendidikan, Pendidikan InklusiAbstract
Pendidikan inklusi merupakan upaya menciptakan akses Pendidikan yang setara bagi semua individu. Implementasi Pendidikan inklusi di SDN 169 Pekanbaru masih dihadapkan pada berbagai tantangan seperti ketidaksiapan sekolah ini sendiri dalam menerapkan Pendidikan inklusi, Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasikan pelaksanaan Pendidikan inklusi yang berjalan di SDN 169 Pekanbaru serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa siapnya SDN 169 Pekanbaru ini dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi, karena SDN 169 Pekan baru ini menjadi salah satu sekolah yang dipilih pemerintah kota pekanbaru untuk menerapkan pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini juga dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung ke sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN 169 belum siap menerapkan sekolah inklusi terutama kurang nya tenaga pendidik khusus atau guru pendamping khusus untuk kelas anak inklusi yang mengakibatkan anak inklusi tersebut tidak mendapatkan perhatian khusus dari pendidikReferences
Desmita, Deti, Zulfan Saam, dan Hasnah Faizah AR. "Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Fungsi Manajemen Di Sd Negeri 40 Dan Sd Negeri 117 Pekanbaru." Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif 5.1 (2021): 22-29.
Ishartiwi, Ishartiwi. "Fungsi Unit Layanan Disabilitas dalam Mendukung Implementasi Pendidikan Inklusif." JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 19.1 (2023): 7-19.
Julia, Mega, dkk. “Studi Sastra: Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Di Provinsi Riau.” Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial 2.2 (2024): 199-211.
Nurwan, Tryas Wardani. "Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar." JESS (Journal of Education on Social Science) 3.2 (2019): 201-212.
Putri, Nurul Kemala, et al. "INTERAKSI SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 136 KOTA PEKANBARU." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 10.4 (2023): 1622-1629.
Rasmitadila,2022, Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Depok:PT. RajaGrafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aydilah Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.