PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI PERAN PENTING DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SETARA KEPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Adinda Angraini Universitas Islam Riau
  • Ayu Salsabila Universitas Islam Riau
  • Rizky Aisnania Universitas Islam Riau
  • Widia Fitra Hadana Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28935

Keywords:

Pendidikan inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus, Pentingnya Pendidikan Inklusi

Abstract

Anak-anak penyandang cacat memiliki hak yang sama dengan anakanak pada umumnya untuk mendapatkan pendidikan. Sayangnya, ketersediaan pendidikan yang memadai untuk anak berkebutuhan khusus tidak memadai dan setara. Karena penyediaan sekolah luar biasa hanya ada di kota-kota besar. Pendidikan inklusi datang sebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah sosial anak penyandang cacat. Tujuan pembentukan sekolah inklusif adalah meminimalkan dampak yang ditimbulkan oleh sikap eksklusif. Sekolah inklusi juga memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus dan kurang mampu menempuh pendidikan pascasarjana.

References

A., C. F. (2013). Penerapan Pendidikan Inklusi Pada Pembelajaran Taman Kanak kanak Kelompok A (Studi kasus di komimo playschool yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, 8-15.

Astawa, N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Hindu, 65 - 74.

Dr. Irdamurni, M. (2019). Pendidikan Inklusif ( Solusi dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus). Jakarta: PrenadaMedia Group.

Dr. Joko Yuwono, M. D. (2021). Buku Saku Penyelengaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. jakarta : Direktorat Sekolah Dasar.

Fransiska Angelia Dhoka, F. P. (2023). Pendidikan Inklusi Sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Sosial anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi , 25-27.

Puspita, Y. (2021). Proses Pembelajaran Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SDIT Al Aufa Kota Bengkulu. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 17-25.

Retnoasih, P. (2019). Pola Interaksi Sosial Pada Pendidikan Inklusi Di SD N SUDIRMAN AMBARAWA. Universeitas Semarang, 30-40.

Rofikoh, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi (studi kasus MTS Al-hidayah Purwokerto). UIN Prof. Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, 19-26.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Angraini, A. ., Salsabila, A. ., Aisnania, R. ., Hadana, W. F. ., & Mustika, D. . . (2024). PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI PERAN PENTING DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SETARA KEPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6331–6338. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28935