PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEGIATAN KKG TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28925Keywords:
Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Iklim Sekolah, Kegiatan KkgAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh supervisi akademik, iklim sekolah, dan kegiatan KKG terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora berjumlah 293 guru yang berasal dari 38 sekolah dasar. Dari jumlah populasi diperoleh sampel sejumlah 169 guru. Uji hipotesis yang dilakukan meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 39,428 + 0,523X1; (2) terdapat pengaruh yang positip dan signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 29,773 + 0,702X2. (3) terdapat pengaruh yang positip dan signifikan kegiatan KKG terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 42,091 + 0,566X3. (4) terdapat pengaruh yang positip dan signifikan supervisi akademik, iklim sekolah dan kegiatan KKG terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 4,216 + 0,214X1 + 0,458X2 + 0,279X3References
Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Depdiknas
Dharma, Surya. 2014. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Ditjen PMPTK
Furnham, Adrian. 2015. Corporate Culture Shock : Surviving Organizational Change. Malaysia: Times Subang
Idris, Ridwan. 2014. Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Madrasah. Makassar: Alaudin University Pers
Indrasari, Meithiana. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka
Kartono, Kartini. 2018. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Kuswana, Dadang. 2015. Metode Penelitian Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia
Mulyasa, E. 2015. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purbasari, Margi. 2015. “Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar”. Journal of Elementary Education. 4(1)
Rohiat. 2018. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek. Bandung : PT. Refika Aditama
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sagala, Syaiful. 2014. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Saud, Udin Syaefudin. 2015. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukarman, Herry. 2017. Dasar-Dasar Didaktik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tangyong, A. F., dkk. 2015. Buku Panduan Kelompok Kerja Guru. Jakarta : Depdikbud
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yeti Yunitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.