PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20295Keywords:
Kinerja Guru, Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Disiplin KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora yang terdiri terdiri dari 283 guru berasal dari 32 sekolah dasar. Setelah dirumuskan menggunakan Slovin dan didapatkan sampel sejumlah 166 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian angket kepada responden. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan Y = 62,081 + 0,344X1, kekuatan korelasi sebesar 0,464 dengan kontribusi sebesar 21,5%; (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan Y = 46,625 + 0,725X2, kekuatan korelasi sebesar 0,570 dengan kontribusi sebesar 32,4%; (3) terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan Y = 30,686 + 0,863X3, kekuatan korelasi sebesar 0,655 dengan kontribusi sebesar 42,9%; (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora yang dinyatakan dengan persamaan Y = 11,691 + 0,118X1 + 0,331X2 + 0,552X3, kekuatan korelasi sebesar 0,705 dengan kontribusi sebesar 48,7%.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2003. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/U/2003, tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2003. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas
Djatmiko, Yayat Hayati. 2015. Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Alfabeta
Guntur, Ietje, S. 2016. Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Jakarta; Airlangga
Hasibuan, Malayu, S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Jumi dan Abdullah. 2022. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora”. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6
Kadarisman. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kemenkumham. 2010. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Kemenkumham
Mulyasa, E. 2015. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Putri dan Murniati. 2022. "Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora”. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6
Rivai, V, dan Mulyadi, D. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2019. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Surahman. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan
Sutrisno, Edy. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Taufiq, Miyono, dan Abdullah. 2023. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan”. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Wahyudi, Bambang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulfa Amirulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.