PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20290Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kepuasan KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah, budaya sekolah dan kepuasan kerja terhadap kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei karena data yang diperoleh dari instrumen penelitian yang hasilnya berupa angka-angka dan pengolahan datanya menggunakan statistik. Desain yang digunakan adalah penelitian ex post facto dalam penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Randublatung yang berjumlah 412 orang dengan sampel sebanyak 203 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 30,3% dengan koefisien korelasi 0,551 dan persamaan regresi Y = 41,947 + 0,459X1, (2) terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 32,9% dengan koefisien korelasi 0,574 dan persamaan regresi Y = 42,388 + 0,431X2, (3) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 14,8% dengan koefisien korelasi 0,385 dan persamaan regresi Y = 58,780 + 0,419X3, dan (4) terdapat pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah, budaya sekolah, dan kepuasan kerja terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 42,9% dengan koefisien korelasi 0,661 dan persamaan regresi Y = 17,943 + 0,259X1 + 0,299X2 + 0,108X3.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Astutik, Erny Roesminingsih, Meini S S. 2021. Kepemimpinan Partisipatif, Budaya Sekolah serta Pengaruhnya terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Volume 7 Nomor 2
Atmodiwirio, Soebagio. 2015. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Ardadizya Jaya
Creswell, J. W., & Poth, C. N. 2018. Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches. California: Sage Publishing
Deni Susana, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Ghufron Abdullah. 2022. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP Negeri Sub Rayon 02 Kabupaten Demak. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial. Vol 18, No 3
Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Kemdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Kemdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Bandung : CV. Nuansa Aulia
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media
Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetens; Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mulyasa, E. 2016. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Panggalo, Limbong, dan Kailola. 2021. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru pada SMK Kristen Tagari. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 1
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta
Wakhidatun Niswah. 2020. Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kabupaten Demak. JPAI : Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia. Volume 2 Nomor 1
Zamroni. 2016. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta : Gavin Kalam Utama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Minarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.