PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA SEKOLAH, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA

Authors

  • Prayekti Kusumasari SDN 2 Sogo
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20724

Keywords:

Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Budaya Sekolah, Kompetensi Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik,  budaya sekolah, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora yang terdiri terdiri dari 264 guru berasal dari 35 sekolah dasar. Setelah dirumuskan menggunakan Slovin dan didapatkan sampel sejumlah 159 responden, yang dalam penentuan pengambilan sampel kepada responden nantinya menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian angket kepada responden yang menjadi subjek dalam penelitian. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,796; besarnya pengaruh 64,3%; persamaan regresi Y = 19,463 + 0,829X1; dan nilai t hitung 3,788; (2) terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,761; besarnya pengaruh 57,9%; persamaan regresi Y = 22,691 + 0,637X2; dan nilai t hitung 4,096; (3) terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,750; besarnya pengaruh 56,2%; persamaan regresi Y = 22,059 + 0,837X3; dan nilai t hitung 3,817; (4) terdapat pengaruh supervisi akademik,  budaya sekolah, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,809; besarnya pengaruh 64,8%; persamaan regresi Y = 14,009 + 0,499X1 + 0,121X2 + 0,243X3; dan nilai t hitung 2,626.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

Barnawi & M. Arifin. 2016. Micro Teaching ( Praktik Pengajaran yang Efektif. & Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Colquitt. Jason. A, Lepine. Jeffery. A dan Wesson. Michael. J. 2015. Organizational Behavior. United States of America: McGraw – Hill Education

Depdikbud. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdikbud

Desky Yanif Hermawan, Noor Miyono, Ghufron Abdullah. 2022. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 5 No. 2

Engkoswara & Komariah, Aan. 2015. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Eni Fitriyani, Noor Miyono. 2022. Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022. Hal 7944 – 7951

Fathurrohman, Pupuh dkk. 2014. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung : PT. Refika Aditama. Rubino

Imron, Ali. 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Kemdiknas. 2018. Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas

Kemenpan RB. 2009. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemenpan RB

Kunandar. 2016. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Mulyasa, E. 2015. Menjadi Guru Profersional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2015. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Paryoto, Ngurah Ayu Nyoman Murniati. 2022. Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022. Hal 7952 – 7955

Rahmayanti, Titik Haryati, Noor Miyono, dan Ayunda Safitri. 2021. Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan). Volume 3 Number 1

Sagala, Syaiful. 2014. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sobirin. 2018. Kepala Sekolah, Guru, dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa

Sugiyono. 2018. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Grafindo

Surya, Mohamad. 2013. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Usman, Moh. Uzer. 2014. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zazin, Nur. 2014. Gerakan Menata Mutu Pendidikan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Kusumasari , P. ., Murniati, N. A. N. . ., & Kusumaningsih, W. (2023). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA SEKOLAH, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1175–1182. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20724