ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB NEGERI PURWOSARI KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28895Keywords:
Berkebutuhan Khusus, Tunagrahita, PembelajaranAbstract
Pendidikan haruslah dilakukan keseluruhan oleh siapa saja baik manusia dengan jasmani dan rohani secara normal maupun anak yang memiliki kebutuhan khusus (ABK) seperti Anak tunagrahita. Anak tunagrahita umumnya mengalami gangguan kecerdasan atau bisa kecerdasannya dibawah rata-rata. Pada tahapan observasi awal di sdlb Negeri Purwosari kudus, yakni di kelas 2c dengan anak penyandang Tunagrahita ringan, ditemukan bahwa siswa masih kesulitan dan belum mampu dalam mengenali huruf vokal maupun menulis. Peneliti melakukan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan wali kelas untuk menggali informasi lebih dalam mengenai kebutuhan yang diperlukan siswa SLB kategori Tunagrahita ringan untuk mempelajari materi huruf vokal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menindaklanjuti apa saja kebutuhan yang diperlukan siswa tunagrahita dalam pembelajaran mengenal huruf vokal sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal. Dihasilkan, bahwa penelitian ini berhasil menjadikan siswa tunagrahita belajar lebih optimal dalam mengenal dan menulis huruf dengan menggunakan media berupa flashcard dan LKPD yang menarik sehingga siswa termotivasi dan menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran.References
Lucky Putri Ramadhani, Razela Regina Putri, Vania Destriyanti, N. F. (2022). Analisis Strategi Pembelajaran Bagi Anak Tunagrahita Di Slb B-C Flora Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V) 2022 ANALISIS, Snipmd V, 29–32.
Antara, H., Mentoring, K., Rohani, E., Dengan, I., Ibadah, P., Wajib, S., Putri, A. N. I., Pendidikan, D., Sekolah, L., Pendidikan, F. I., & Padang, U. N. (2022). Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. 3(1), 1–9.
Astati. (2014). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Pengantar Pendidikan LuarBiasa,3.1-3.33.
Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka di sekolah penggerak (Studi kasus pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan, 18(2), 18–22.
Kelompok, P. (2020). Issn 2354-9513 (cetak) issn 2655-6367 (online). VII(3), 46–52.
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Meila Noor Syafria, I. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Pratiwi, I. C., Handayani, O. W. K., & Raharjo, B. B. (2019). Kemampuan Kognitif Anak Retardasi Mental Berdasarkan Status Gizi. Public Health Perspective Journal, 2(1), 19–25.
Rahmadani, D., & Kasiyati. (2023). Efektivitas Mengenal Huruf Vokal Menggunakan Media Pembelajaran Pin Activity Pada Anak Tunagrahita Ringan. JUPPEKhu, 11(2), 1–8.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.
Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., & Asri, S. A. J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 35–38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dessy Fitria Berlianti, Ashfa Al Abid, Arcivid Chorynia Ruby
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.