RESPONS MOTORIK SISWA TUNAGRAHITA MELALUI AKTIVITAS MEWARNAI DAN MENEMPEL DI SLBS SUNAN MURIA KABUPATEN KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29672Keywords:
Respons, Motorik, Tunagrahita.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan: (1) Proses pengenalan warna siswa tunagrahita di SLBS Sunan Muria Kabupaten Kudus melalui warna dan mempel. (2) Hasil kegiatan mewarnai dan menempel siswa tunagrahita di SLBS Sunan Muria Kabupaten Kudus. (3) Respon motorik dalam tugas mewarnai dan menempel siswa tunagrahita di SLBS Sunan Muria Kabupaten Kudus. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SLBS Sunan Muria Kabupaten Kudus. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa tunagrahita melihat bentuk karya berupa coretan berwarna atau gambar yang ditempel tentang unsur atau prinsip yang tidak dapat dipahaminya, maka respon motorik siswa tunagrahita cenderung menjadi tidak stabil. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya pendidik selalu memperhatikan siswa ketika sedang menuangkan kreativitasnya dalam karya seni seperti mewarnai dan menempel. Hal ini relevan bagi pendidik yang dapat melatih peserta didik menciptakan karya yang beragam. Dengan kegiatan tersebut membiasakan otot jari siswa akan terlatih.Downloads
Published
2024-06-21
How to Cite
Dwi Putri, A., Mudrikatunnisa’, M., & Ruby, A. C. . (2024). RESPONS MOTORIK SISWA TUNAGRAHITA MELALUI AKTIVITAS MEWARNAI DAN MENEMPEL DI SLBS SUNAN MURIA KABUPATEN KUDUS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7998–8003. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29672
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Anggi Dwi Putri, Mudrikatunnisa’ Mudrikatunnisa’, Arcivid Chorynia Ruby
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.