PENERAPAN STRATEGI PROYEK KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28038Keywords:
Strategi Proyek Kolaboratif, Pendidikan Pancasila, Nilai-Nilai Pancasila..Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi nilai-nilai pancasila. Dengan penerapan strategi proyek kolaboratif siswa dapat berpartisipasi aktif, saling melakukan interaksi dan melakukan kolaborasi serta dapat menarik minat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan strategi proyek kolaboratif pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi nilai-nilai Pancasila dalam aktivitas guru, siswa dan respon siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian ini observasi aktivitas guru dan siswa, angket respon siswa dan wawancara untuk menguatkan hasil observasi serta angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan strategi proyek kolaboratif pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas IV efektif, dibuktikan pada aktivitas guru dan siswa, diperkuat melalui hasil wawancara guru dan siswa, serta angket respon siswa setelah proses pembelajaran mendapatkan hasil yang baik dan dapat menarik minat siswa dalam belajar.Downloads
Published
2024-05-09
How to Cite
Azzahro, N. S. ., & Sulistyawati, I. . (2024). PENERAPAN STRATEGI PROYEK KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA KELAS IV. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5396–5401. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28038
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nabila Salima Azzahro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.