PENERAPAN METODE PERMAINAN MONOPOLI PANCASILA DALAM MENANAMKAN NILAI SILA KE 5 PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28037Keywords:
Permainan Monopoli, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Sikap Nilai Sila Ke 5 PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Metode Permainan Monopoli Pancasila Dalam Menanamkan Nilai Sila Ke 5 Pancasila Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV A. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru, wawancara, dan angket respon siswa. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode permainan monopoli Pancasila Dalam Menanamkan Nilai Sila Ke 5 Pancasila Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dikategorikan sangat baik dan sudah terlaksana dengan baik.References
Haninda, S. N., & Paksi, H. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kargo Pancasila Untuk Membantu Siswa Sd Memahami Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jpgsd, 10(4), 2013–2015.
Haqqi, F. H., Sari, N., & Widodo, S. T. (2023). Pembiasaan Perilaku Sila Pancasila Melalui Media Pop Up Book Dan Papan Pengamalan Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3673–3682.
Hutoyo, M. N., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2020). Penggunaan Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persatuan Dan Kesatuan Pada Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 1–7.
Marisca, R., Suharmiyati, S., & Maralis, R. (2023). Edukasi Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Perilaku Sosial Masyarakat Dan Sebagai Pendidikan Karakter Di Desa Sungai Guntung Hilir Kecamatan Rengat. Values: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 37–50.
Minawati, A. A., Suryana, Y., & Elan, E. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Sila Iii Pancasila Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 195–202.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.
Octavian, W. A. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila Terhadap Siswa Melalui Kegiatan Penyuluhan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 6(2), 199–207.
Rizka, R., & Maharani, S. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Materi Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas V Sdn 243 Palembang. Sriwijaya University.
Vita, I. A. Y., Sari, A. N., Widodo, S. T., & Wulandari, C. (2023). Pengembangan Media Kantong Perilaku Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Surokonto Wetan. Edutainment, 11(2), 72–79.
Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli The Implementation Of Pancasila. Values In Learning Activities., 7(2), 133–139
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Martha Sukma Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.