PENGARUH MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32684Keywords:
Media PPT Interaktif, Kemampuan KognitifAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media PPT Interaktif terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas III D sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan tes, Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan perhitungan aplikasi SPSS versi 21. Hasil perhitungan t-test pada nilai posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diperoleh sebuah nilai yang signifikan yaitu < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara media PPT Interaktif terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas III B dan kelas III D di SDN Ngagelrejo 1/396 Surabaya.References
Amalia, N, R. 2020. “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I “. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil. 9(2): 108-114.
Dianah, Julia, Hilalatud, Witono, A.Hari, dan Nisa, Khairun. 2023.’’ Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SDN 1 Aikmel Timur Tahun Pelajaran 2022/2023’’. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(1).
Haliza, V, N, Dewi, D, A, & Mulyana, A. 2024. “ Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasika di Kelas IV ”. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(1)
Ingsih, K., Ratnawati, J., Nuryanto, I., & Astuti, S. D. (2018). “ Pendidikan Karakter: Alat Peraga Edukatif Media Interaktif ”. Penerbit Deepulish.
Riny, M & Safrul. 2022. “ Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar ”. Jurnal Basicedu. 6(5)
Fransisca, A, Wijoyo, H. 2020. “ Implementasi Metta Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies”. Jurnal Ilmu Pendidikan Agama Buddha. 2(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maullatul Hajar Sukarno Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.