MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR PESERTA DIDIKiDI MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27003Keywords:
Sarana Prasarana Pendidikan, Proses Belajar SiswaAbstract
Sarana dan prasarana pendidikan yaitu bentuk instrument penting untuk menunjang segala suatu proses belajar baik di sekolah maupun madrasah. Oleh karena itu perlulah melakukan suatu pengelolaan baik yang memberikan kenyamanan saat proses pembelajaran berlangsung yang memang harus dilakukan.iiDalam hal ini ada beberapa yang perlu di perhatikan seperti suatu perencanaan, pengadaan suatu sarana prasarana, pemeliharaannya, termasuk inventarisasi dan adanya penghapusan dalam sebuah sarana dan juga prasarana di sekolah diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Bahasan pada kaliini berusaha menyatakan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan akan Mendukung Proses Belajar peserta didik di MI An-Nahwa yaitu mengaplikasikan penggunaan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan suatu hasil yaitu berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tentang (1) Mengetahui bagaimana situasi kondidsi sarana prasarana di sekolah tersebut, (2) Bagaimana manajemen sarana prasarana di MI An-Nahwa, (3) Adanya hubungan proses pembelajaran denga sarana prasarana di sekolah, dan (4) Prestasi peserta didik dapat dipengaruhi oleh sarana-prasarana yang berada di sekolah.References
Abadi, A. N. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malangi.
Arikunto, S. (2010) iOrganisasi idan iAdministrasi iPendidikan iTeknologi dan iKejuruan,Jakarta: PT GrafindoPersada, Cet. IIii
Awaludinii dan iSaputra E. (2016) iSistem Informasi iManajemen Sarana Prasarana Sekolah (Studi Kasus : Dinas iPendidikan dan Kebudayaan) iJurnal Rekayasa dan iManajemen Sistem iInformasi, Vol. 2, No. 2, Agustus 2016 Bafadal, I. (2013) iManajemen iPerlengkapan iSekolah.iJakarta :Bumi Aksara Bogdanii,
Depdiknas. (2018). iUndang-undang RI no. 20 tahun 2018, tentang system pendidikan nasional.
Fathurrahmani (2014)iiMengevaluasi iKeberhasilan Supervisi iPembelajaran iJurnal Al-Hikmah iVolume 4 nomor 1, Maret 2014ii
Gunawani, A. H. (2016). iAdministrasi Sekolahi ( Administasi Pendidikan Mikro ). Jakarta : PT. Rineka Ciptaii.
Hamalikii,O. (2017) iKurikulum dan iPembelajaran. iJakarta: iPT Bumi Aksaraii
Haris, I. (2016). Manajemen Fasilitas Pembelajaran. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Hermawan, D. (2021). Manajemen sarana dan prasarana. Jawa Timur: Klik Media.
Inc.iiDarmastuti, H. Dan iKarwanto (2014) iManajemen iSarana dan iPrasarana idalam Upaya Peningkatani iKualitas iPembelajaran ipada iJurusan Teknik iKomputer dan Informatika di SMK iNegeri 2 iSurabaya, Jurnal InspirasiiManajemen iPendidikan, Vol.3 No.3,iJanuari 2014ii.
Matin, N. F. (2016). Manajemen darana dan prasarana konsep dan aplikasinya. Jakarta: PT Rajagrafindo persada.
Megasari, R. (2014) Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi Jurnal Administrasi Pendidikan Bahana Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 1, Juni 2014
Rusyidi Ananda, O. K. (2017). iManajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspitaii
iiPutriII. iK. idan Sumintoi A. S. (2012) iManajemen iSarana dan iPrasarana di SMK Kasihan iBantul. Jurnal iAkuntabilitas iManajemen Pendidikanii
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tuti Asiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.