PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA SANG PRATEEP VITTAYA FOUNDATION SCHOOL SATUN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26551Keywords:
Kartu kata bergmabar, Kemampuan, MembacaAbstract
Keahlian berbicara pada anak merupakan keahlian buat mengekspresikan apa yang dirasakan serta dipikirkan oleh anak serta keahlian buat bersosialisasi serta berbicara dengan lingkungannya ataupun sahabat sebayanya, dalam kemajuan berbicara anak dikenalkan dengan lukisan, kosakata serta graf supaya kemajuan berbahasanya jadi lebih maksimal. Alat kartu tutur berfoto merupakan kartu kecil yang bermuatan lukisan, bacaan, ataupun ciri ikon yang menegaskan ataupun memusatkan anak pada suatu yang berkaitan dengan lukisan. Kartu tutur berfoto umumnya berdimensi 8x12 centimeter, ataupun bisa dicocokkan dengan besar kecilnya kategori yang dialami. Pada riset yang dicoba merupakan Riset Lapangan (Field Research). Riset lapangan ialah salah satu tata cara pengumpulan informasi dalam riset kualitatif yang tidak membutuhkan wawasan mendalam hendak kesusastraan yang hendak dipakai dan keahlian khusus dari pihak periset. Kesimpulan dari riset ini merupakan kalau teruji dengan mempraktikkan alat kartu tutur berfoto bisa meningkatkan keahlian berbicara anak, perihal ini nampak dari dengan mencermati penanda pendapatan bahasa anak ialah menanggapi ertanyaan cocok dengan persoalan, mengatakan perkata yang diketahui, memperkaya kekayaan tutur, serta memahami simbol-simbolReferences
Adhani, D. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dengan Media Flashcar. Jurnal PG-Paud Trunojoyo, 3(6).
Anum, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 020580 dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa melalui Penerapan Media Gambar Tahun Pelajaran 2016/2017. BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 97–104.
Arsyad, A. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37.
Daeni, E. I. (2020). Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar di Kelompok B2 TK Darussalam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2).
Depdiknas. (2013). Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dikti.
Dimyati dan Mudjiono. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Eliana, N. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).
Fajriyah, Z. (2017). Peningkatan Penggunan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).
Fatonah, U. (2021). PENGARUH MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 3 KAMPUNG BARU SUMATERA SELATAN. UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA.
Futihat, S., Wahyu Wibowo, E., Mastoah, I., Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, J., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN Development of Letter Puzzle Media to Improve Students ’Ability in Reading Beginnings. Desember, 7(2), 135–148.
Hartawan, I. M. (2018). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Nurus Sa’adah 03 Kecamatan Ledekombo Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2).
Isdianto. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol 11 no.
Ismundari, L., & Suprayitno. (2019). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B. Unesa: Ilmu Pendidikan.
Linawati, N., & Wahyudi, R. (2019). Pemanfaatan puzzle huruf dalam mendorong minat menabung siswa taman kanak-kanak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 244–251.
Muflikha, E. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias Di Paud Kenanga I Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Spektrum Pls, 4(3).
Musta’in. (2018). Anak Islam Suka Membaca. Pusaka Anamah.
Muyasaroh, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan berbicara Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. Jurnal Paud Teratai, 3(6).
Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 145–152.
Pangastuti, R. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1).
Peet, L. (2019). Seratus Ide Untuk Guru Paud. Jakarta?: Erlangga.
Purwanto. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Rahayu, S., Rasmitadila, R., & Makarim, H. (2018). Penggunan Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Down Syndrome. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 94. https://doi.org/10.30997/dt.v5i2.1173
Raisa Karima. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6 No.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Wijayanti, V. D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Yasbiati, & Dkk. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Bahasa Sunda Anak Usia Dini Pada Kelompok B. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1).
Yasbiati, Pranata, O. H., & Fauziayah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 20–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syahputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.