PENDIDIKAN RESPONSIVE GENDER MELALUI PENGASUHAN ORANGTUA UNTUK ANAK USIA DINI DI RA AL-IKHLAS KONGGO KECAMATAN SUNGGAL KAB DELI SERDANG.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26543Keywords:
Pendidikan Responsif Gender, Pengasuhan Orangtua, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan Responsif Gender merupakan pendekatan yang penting dalam pengasuhan anak usia dini, terutama di Raudhatul Athfal (RA), untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung perkembangan anak secara holistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik pengasuhan orangtua dalam menerapkan pendidikan responsif gender di RA Al-Ikhlas Konggo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua di RA Al-Ikhlas Konggo memiliki kesadaran yang tinggi terkait pentingnya pendidikan responsif gender dalam pengasuhan anak. Mereka menggunakan pendekatan yang inklusif dan memberikan perhatian khusus terhadap perbedaan gender dalam memperlakukan anak-anak. Selain itu, orangtua juga aktif dalam memberikan pemahaman pada anak-anak tentang kesetaraan gender dan mengajarkan nilai-nilai kesetaraan melalui contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran orangtua dalam mendorong pendidikan responsif gender di lingkungan pendidikan anak usia dini, serta perlunya dukungan dari lembaga pendidikan dan pemerintah dalam menyediakan pelatihan dan sumber daya yang mendukung implementasi pendidikan responsif gender.References
Andhi Kusumastuti. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif . Deepublish.
Damayanti, D., & Rismaningtyas, F. (2021). PENDIDIKAN BERBASIS RESPONSIF GENDER SEBAGAI UPAYA MERUNTUHKAN SEGREGASI GENDER. Jurnal Analisa Sosiologi, 10.
Hadi, S. (2016). Menggagas Pendidikan Karakter Responsif Gender [Initiating Gender-Responsive Character Education]. PALASTREN, 8(2).
Kurnia, S. D. (2019). IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH. AN-NISA, 11(2), 501–510.
Maciej Serda, Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, … ?????, ?. (2013). Synteza i aktywno?? biologiczna nowych analogów tiosemikarbazonowych chelatorów ?elaza. Uniwersytet ?l?ski, 7(1), 343–354. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS
Muafiah, E., Imaduddin, M., Fadly, W., & Soraya Nastiti, A. (2019). PENGASUHAN ANAK USIA DINI BERPERSPEKTIF GENDER DALAM HUBUNGANNYA TERHADAP PEMILIHAN PERMAINAN DAN AKTIVITAS KEAGAMAAN UNTUK ANAK. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 12(1), 1–30.
Nofianti, R. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Nofianti, R. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Edupublisher.
Nofianti, R., & Sumarno. (2023). ANALISIS DEVIANT BEHAVIOR DALAM KELUARGA {PARENTING} TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Penerbit Tahta Media. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/451
Putra, A., Hatimah, I., Wahyudin, U., Saripah, I., & Edu, I. (2023). Praktik Pengasuhan: Responsif Genderkah Orangtua Kepada Anak di Dalam Keluarga? Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 261–272.
Ratnasari, D. (2019). MENGGAGAS PENDIDIKAN ISLAM RESPONSIF GENDER. HUMANIKA, 17(1). https://doi.org/10.21831/hum.v17i1.23120
Sukmadinata. (2010). Metode penenelitian pendidikan. . PT Remaja Rosdakarya.
Tokan, F. B. (2021). Model Pemberdayaan Perempuan Single Parent Dalam Mengatasi Kemiskinan di Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur. Warta Governare: Jurnal Pemerintaha, 2(2).
Werdiningsih, W. (2020). PENERAPAN KONSEP MUBADALAH DALAM POLA PENGASUHAN ANAK. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(1), 1–16.
Yusiyaka, R. A., & Safitri, A. (2020). PENDIDIKAN KELUARGA RESPONSIF GENDER. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 232–232.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Nofianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.