MINDFUL PARENTING: PERSPEKTIF ORANG TUA DALAM PENGASUHAN POSITIF UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Rini Trinasya Audy Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Rita Nofianti Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26548

Keywords:

Kesadaran Pengasuhan, Pengasuhan Positif, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang mengenai kesadaran orangtua dalam memberikan pola pengasuhan kepada anak usia dini. Pola pengasuhan yang berdasarkan pada pengasuhan positif yang telah dianjurkan agama. Pola pengasuhan positif ini disarankan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan kepada para orangtua yang memiliki anak dan orangtua muda yang akan memiliki anak. Dengan adanya kesadaran orangtua dalam memberikan pola pengasuhan yang positif, akan terciptanya hubungan antara orangtua dan anak yang aman serta nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif orangtua mengenai pola pengasuhan positif yang akan diterapkan kepada anak usia dini agar terciptanya keluarga yang harmonis. Metode penelitian yang digunakan pun berdasarkan studi literatur dengan teknik pengumpulan data berdasarkan sumber-sumber tertulis yang relevan. Permasalahan pada penelitian ini pada dasarnya disebabkan oleh komunikasi yang buruk antara orangtua dan anak. Salah satu cara orang tua dapat berkomunikasi dengan baik dengan anak mereka adalah dengan mengasuh dengan penuh kesadaran. Jika orangtua menerapkan kelima dimensi kesadaran orangtua secara konsisten dan terus menerus, orangtua akan dapat berkomunikasi dengan baik dan menciptakan pengasuhan yang positif. Kelima dimensi tadi terdiri dari mendengarkan dengan penuh perhatian, tidak menghakimi, sabar, bijaksana, dan belas kasih.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Bening, T. P., & Diana, R. R. (2022). Pengasuhan Orang Tua dalam Mengembangkan Emosional Anak Usia Dini di Era Digital. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 179. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.643

Dwi Istati Rahayu, F. R. (2020). Isu Kritis Pembelajaran Anak Usia Dini. 8(1), 1–7.

Etikawati, A. I., Siregar, J. R., Widjaja, H., & Jatnika, R. (2019). Mengembangkan Konsep dan Pengukuran Pengasuhan dalam Perspektif Kontekstual Budaya. Buletin Psikologi, 27(1), 1. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.41079

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Gustian, D., , E., & , E. (2018). Pola Asuh Anak Usia Dini Keluarga Muslim Dengan Ibu Pekerja Pabrik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 21–34. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3532

Kemendikbud. (2020). Pengasuhan.

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Nofianti, R. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini di Masa Pandemic Covid 19 Di Tk Islam Ibnu Qoyyim. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(2), 19–30. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/1096/968

Qalbi, Z. (2023). Early Children ’ S Parenting Patterns In Pulau Panggung. 4(1).

Rani Handayani. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797

Rika Widya, S.Psi., M.PSi., Bahtiar Siregar, S.Pd.I., M.Pd., Salma Rozana, S.Pd., M. P. (2020). Holistik Parenting: Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam (1st ed.). Edu Publisher.

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361

Sal Severe, P. D. (2022). Bagaimana Bersikap pada Anak agar Anak (Prasekolah) Bersikap Baik. Gramedia Pustaka Utama.

Siti Indriyani Mutmainah, S. I. M. (2022). Peralihan Pola Asuh Anak Orang Tua Buruh Pabrik Di Kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres Kota Jakarta Barat. Khuluqiyya: Jurnal Kajian Hukum Dan Studi Islam, 4(1), 71–88. https://doi.org/10.56593/khuluqiyya.v4i1.79

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran (1st ed.). kencana.

Tri Amelia, C. R., Vereswati, H., Erlangga, E., & Kurniawan, Y. (2022). Pelatihan Mindful Parenting Sebagai Strategi Pengasuhan Orang Tua Siswa Paud Bunga Bangsa Semarang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 420–426. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1857

Utami, R. D., Fitri, N. A., Abdillah, M. H. A., Pendidikan, P., Anak, I., Dini, U., Agama, F., Pembangunan, U., & Budi, P. (2023). Peran Mindfull Parenting dalam Membangun Keluarga Di RA Al Ikhlas Konggo Kabupaten Deli Serdang. 3(2), 31–35.

Widya, R., Pembangunan, U., Budi, P., Tua, P. O., & Anak, K. (2023). Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Dan Secure Attachment Dengan Kemandirian Anak Di Tk. 80–89.

Zulfa, M. Y. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Mau’izhah, 9(1), 75. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i1.18

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Audy, R. T. ., & Nofianti , R. . (2024). MINDFUL PARENTING: PERSPEKTIF ORANG TUA DALAM PENGASUHAN POSITIF UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3521–3527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26548