POTENSI PESERTA DIDIK DAN PERAN PENDIDIK ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25670Keywords:
Potensi Peserta Didik, Peran Pendidik.Abstract
Peserta didik merupakan anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Sedangkan pendidik ialah orang dewasa yang lebih berpengetahuan, berpengalaman, dibandingkan yang dididik. Oleh karena itu, pendidikan yang diberikan kepada peserta didik harus sesuai dengan apa yang sudah ditentukan oleh Allah swt. dan kesanalah arah pendidikan Islam. Potensi peserta didik dibagi menjadi beberapa kategori, yakni potensi jasmani, sosial dan intelektual. Sedangkan peran dari pendidik ialah sebagai pengajar (guru) dan pendidik, anggota masyarakat, pemimpin, pelaksana administrasi, dan pengelola belajar mengajar. Metode Penelitian yang digunakan ialah library research.References
Amaliyah, Aam, dan Azwar Rahmat. “Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan.” Attadib: Journal of Elementary Education 5, no. 1 (8 Juni 2021).
Anas Ma’arif, Muhammad, dan Eka Deni Sulistyanik. “Pengembangan Potensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bebasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence).” At-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (Desember 2019).
Harahap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 2 (24 Agustus 2017).
Hawi, Akmal. Kompetensi Guru PAI. Palembang: IAIN Raden Fatah Press, 2005.
Kementerian Agama, Al-Qur’an dan Terjemah, Versi 2.3.4, Updated 19 November 2022.
Naim, Ainul. “Konsep Potensi Peserta Didik dalam Konteks Pendidikan Islam.” Jurnal Al-Makrifat 3, no. 2 (Oktober 2018): 11.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidik. Tambahan Lembaran Negara Republk Indonesia No. 4496.
Ramli, M. “Hakikat Pendidik dan Peserta Didik.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (Juni 2015).
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Kencana, 2010.
Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Wibowo, Agus, dan M. Hamrin. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Wijaya, Cece, dan A. Tabrani Rusyan. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Zed, IM. Metode IPenelitian IKepustakaan. IJakarta: IYayasan IObor IIndonesia. 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hafidzatul Muslimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.