ANALISIS PERAN PARENTING TERHADAP ACADEMIC BURNOUT DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PESERTA DIDIK DI SD UMP, KEMBARAN, BANYUMAS

Authors

  • Amelia Daniati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3524

Keywords:

Peran parenting, Academic Burnout, Pembelajaran Jarak Jauh.

Abstract

Situasi saat masa pandemi berdampak pada sistem pembelajaran di Indonesia dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh yang mempengaruhi Academic Burnout peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis yang berfokus pada peran parenting, faktor pendukung dan penghambat peran parenting terhadap Academic Burnout pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Terdapat 2 jenis partisipan penelitian, (1) partisipan primer (orangtua dan peserta didik); (2) partisipan sekunder (guru). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orangtua dalam pembelajaran jarak jauh yaitu mendampingi dan memfasilitasi peserta didik, mengingatkan agar peserta didik tidak kelelahan, memotivasi, memberikan reward dan punishment kepada peserta didik. Faktor pendorong peran parenting terhadap Academic Burnout pembelajaran jarak jauh ialah adanya kerja sama guru dan orangtua, adanya kerjasama orangtua yang baik, adanya alat komunikasi yang digunakan orangtua dan peserta didik, peserta didik yang mudah diatur dalam belajar. Faktor penghambat peran parenting terhadap Academic Burnout pembelajaran jarak jauh yaitu orangtua yang bekerja dan peserta didik merasa mudah lelah.

References

Al-qur’an. (2013). Al-qur’an terjemah perkata. Bandung: SEMESTA AL- QUR’AN.

Agusriani, Ade & Fauziddin Mohammad. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-1. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (2), 1729-1740

Asrowi, & Susilo, T, A., & Hartanto, P, A. (2020). Academic Burnout Pada Peserta didik Terdampak Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 5(1), 123-130.

Atziza, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres dalam Pendidikan Kedokteran. Jurnal Agromedicine. 2 (3), 317–320.

Barnawi, & Darojat, J. (2018). Penelitian Fenomenologi Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZ MEDIA.

Belawati, Tian. (2019). Pembelajaran Online. Tangerang: Universitas Terbuka.

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Peserta didik. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 143.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orangtua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 4(1), 152-159.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934.

Charkhabi, M., Abarghuei, A., & Hayati, D. (2013). The association of academic burnout with self-efficacy and quality of learning experience among Iranian students. Springer, 2, 1–5.

Chusna, A, P., & Utami, M, D, A. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orangtua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Peserta didik Usia Sekolah Dasar, Premier, 2(1), 11-30.

Creswell, W. J. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dasopang, M. Darwis (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3 (2). 333-352.

Fitriah, M. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Liputan6.Com.

Gunadha, R., & Rahmayunita, H. (2020). Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa Miskin.

Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian Fenomenologi kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. Malang: Literasi Nusantara.

Hanafy, M. Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan. 17(1). 66-79

Hayakawa, M., Englund, M. M., Warner-Richter, M. N., & Reynolds, A. J. (2013). The Longitudinal Process of Early Parent Involvement on Student Achievement: A Path Analysis. NHSA Dialog, 16(1), 103–126.

Iliyyun, M., dkk. (2021). Peran Orangtua Dalam Pembelajaran jarak jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 2 Sumbersuko Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 3 (2): 122-132.

Indriyani, Fenny & Yusnani. (2021). Peran Orangtua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Peserta didik Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3 (1) 90-96

KBBI (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: https://kbbi.web.id/peran [Diakses 05 September 2021]

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.

Kemendikbud. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. In Kemendikbud.go.id (Vol. 7490941, Issue 20201952010130022000, p. 7490941)

Khairani, Y., & Ifdil. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, Vol. 4, No. 4, 208-214.

Kompas. (2020). Hambatan dan Solusi Belajar dari Rumah. https://muda.kompas.id/ baca/2020/04/10/hambatan-dan-solusisaat-belajar-daring-dari-rumah

Kupriyanov, R. (2014). The Eustress Concept: Problems and Outlooks. World Journal of Medical Sciences,11, 179-185.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orangtua dalam Mendampingi Peserta didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Peserta didik Usia Dini. 5(1), 241-256

Lindasari, Sri Wulan. Dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Peserta didik Pada Masa Pandemik Covid 19. Journal of Nursing Care. 4(2) 130-137)

Mucharomah, Rani & Mardliyah, Sjafiatul. (2018). Peran Fasilitator Parenting Dalam Pengembangan Sosial Peserta didik Usia Dini. Jurnal Pendidikan Untuk Semua. 2 (2) 8-20

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA.

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis. 23(2), 192-201.

Mutiah, Diana. (2012). Psikologi Bermain Peserta didik Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Moleong, J.L. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Na’mah, Lathifatun. (2017). Pendidikan Berbasis Parenting Sebagai Simbiosis Peran Ganda Seorang Ibu (Kajian Fenomenologis Edmund Husserl). Jurnal Thufula. 5 (2) 246-266

Nizam. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring untuk merdeka belajar. In Webinar

Prawiyogi, Anggy Giri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar. 94-101

Puspitasari, A, D., & Handayani, M, M. (2014). Hubungan Tingkat Self-Efficacy Guru dengan Tingkat Burnout pada Guru Sekolah Inklusif di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 3(1), 59-68.

Rahmatika, Sehal Nur. (2020). Positive Parenting: Peran Orangtua Dalam Membangun Kemandirian Peserta didik Tunagrahita. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. 7 (2) 329-340

Rosyid, Zaiful, dan Aminal Rosid Abdullah (2018). Reward & Punishment dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Saleh, Rachmalia Fitriani. (2020). Reinterpretasi Tri Pusat Pendidikan: Sebuah Telaah Kritis Filosofis-Pedagogis. Journal of Elementary Education. 3(2). 58-63.

Setyawati, L., & Budiono, N, A. (2019). Pemberian Konseling Individu Untuk Menurunukan Burnout Belajar Peserta didik Kelas VII Mts Al-Ma’arif. Jurnal Educatione. 7(1), 45-52.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suhaeti, E. (2021). Pengintegrasian Tri Pusat Pendidikan dalam Pembelajaran Peserta Didik di SD Negeri Sukajaya Blanakan. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang. 4(1). 119-127.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Trisnani, Novi & Astuti, Anita Dewi. (2021). Penguatan Peran Orangtua Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 17 (1), 97-106

Sovitriana, R., dkk. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. Jakarta: LITBANGDIKLAT PRESS. 17 (1)

Umar, M. (2015). Peranan Orangtua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta didik. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling. 1(1), 20.

UU RI No 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wang, C., & Zhao, H. (2020). The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students. Frontiers in Psychology, 11.

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampak terhadap Mental Mahasiswa. Edu Teach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153-165.

WHO. (2020). WHO Director-General’s remarks at the media briefing on 2019-nCov on 11 February 2020. Cited Feb 13rd 2020.

Wicaksono G, A. (2017). Fenomena full day school dalam sistem pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 1 (1), hlm.10-18.

Winingsih, E. (2020). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. In Poskita. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh

Wulandari, Welda, Dkk. (2017). Peran Orangtua dalam disiplin belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 2 (1), 24-31

Yudhistira, S., & Murdiabi, D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh: Kendala dalam Belajar dan Kelelahan Akademik. Jurnal MAARIF Institute. 15(2). 373-393.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Daniati, A. ., & Andriani , A. . (2021). ANALISIS PERAN PARENTING TERHADAP ACADEMIC BURNOUT DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PESERTA DIDIK DI SD UMP, KEMBARAN, BANYUMAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 400–407. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3524