PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP

Authors

  • Natalia Kristiani Lase IKIP Gunungsitoli
  • Rahma Krisnawati Lase SMP Swasta Abdi Pusaka Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum digunakannya bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan akan LKPD, maka dilakukan pengembangan sebuah LKPD berbasis problem based learning untuk pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD IPA kelas VII SMP berbasis problem based learning pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Isntrumen yang digunakan dalam penilaian untuk mengetahui kelayakan LKPD berupa angket validasi untuk validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Analisis data diperoleh dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dari setiap validator, dan peserta didik. Temuan penelitian ini berupa bahan ajar LKPD berbasis problem based learning untuk pembelajaran IPA. Kriteria yang didapat yaitu sangat layak dengan persentase 100% berdasarkan penilaian ahli materi, 100% berdasarkan penilaian ahli bahasa dan 95% berdasarkan penilaian ahli desain. Respon peserta didik mendapat kriteria sangat praktis dengan pencapaian 99%. Efektifitas berada pada kriteria sangat tinggi yaitu 96%. Maka, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak sebagai bahan ajar IPA.

Author Biographies

Natalia Kristiani Lase, IKIP Gunungsitoli

Pendidikan Biologi, FPMIPA, IKIP Gunungsitoli

Rahma Krisnawati Lase, SMP Swasta Abdi Pusaka Indonesia

SMP Swasta Abdi Pusaka Indonesia

References

Apertha, dkk (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Open Ended Problem pada Materi Segi Empat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 12, No. 2, Juli 2018, hal. 47-62, FKIP Universitas Sriwijaya

Astuti, dkk (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Makassar : Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Daryanto (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta : Gowa Media.

Falao, Pachriatul (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng Barat. Makassar : Program Sarjana UIN Allauddin Makassar.

Fitriani, M. Hasan dan Musri (2016). Pengemangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Aceh: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Vol. 04, No. 02.

Hamzah, Amir (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Malang : Literasi Nusantara.

Irsalina, Ayu (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Blended Learning pada Materi Asam Basa. Jurnal kimia dan Pendidikan Kimia, Vol 3, No 3 Tahun 2018. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Islamia, Nuha (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Biologi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Istikharah, Simatupang (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Vol. 12, No. 1-6. Medan : Universitas Negeri Medan.

Krismasari (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Aljabar Untuk SMP/MTs dengan Menyisipkan Nilai Sikap. Ponorogo : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Kurnasih, Sani (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Malang : Katapena.

Lase, Natalia Kristiani dkk (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 5 No. 2, April 2016.

Lestari, Oktavia dan Suyono (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 7 Nomor 1. Yogyakarta.

Manden, Rachmad (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal KREANO Vol. 3 No. 1, Juni 2012. Semarang: UNNES.

Masdi, Sri (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi pada Materi Ekosistem Sebagai Media Pembelajaran pada kelas X MA Madani Alauddin Pao – Pao. Makassar : Program Sarjana UIN Alauddin Makassar.

Mauzana, Nelly (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs. Aceh : Universitas Islam Negeri AR – RANIRY Darussallam Banda Aceh.

Muakhirin, Binti (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru, No. I, Mei 2014. Yogyakarta.

Novitasari, Devi (2014). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Peer Lesson pada Siswa SD Negeri Ngemplak. Yogyakarta : Universitas Yogyakarta.

Nurdyansyah, Fahyuni (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizama Learning Center.

Rahmatillah, dkk (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Aktivitas pada Materi Koloid. Aceh: Program Sarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Rosliana, Ina (2019). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E berbantuan Mind Mapping. UIN Sunan Kalijaga, Vol. I, No. I, Februari 2019.

Rusman (2017). Model – Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sari, dan Zuhdan Kun Prasetyo (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ipa Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, Vol. 04, No. 0. Aceh : Universitas Kuala Banda Aceh.

Selly, dkk (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation Jurnal, Vol. 1, No. 1, Maret 2017, Padang : Universitas Negeri Padang.

Shoimin, Aris (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-PUZZ Media.

Sili, Kristina, dkk (2014). Pengembangan Modul Materi Barisan dan Deret Kelas X SMK dengan Pendekatan REACT. Jurnal PRISMATIKA Vol. 1, No. 1, . Malang : IKIP Budi Utomo Malang.

Sugiyono (2015). Metode penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Surani, Endang (2018). Pengembangan Lembar KerjaPeserta Didik Berbasis Representasi Ganda Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Tegeh, dkk (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Trianto (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta : Bumi Aksara

Ulfah, Unik (2013). Pengembangan LKS Berbasis Word Square Tema Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Yuliandriati, dkk (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X. Jurnal Tadris Kimiya, Vol. 4, No 1, Juni 2019, hal. 105-120, Riau : Program Pascasarjana Universitas Riau

Zaraturrahmi, Adlim dan Zulkarnaen. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Cermin Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Aceh : Universitas Kuala Banda Aceh, Vol. 04, No. 10.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 450–461. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693