IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUANTUM PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA GUNUNG TUA MANDAILING NATAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25522Keywords:
Pendidikan Anak Usia Dini; Model Quantum LearninAbstract
Persaingan di era global pada masa depan akan terjadi semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan ini, dibutuhkan kualitas sumber daya manusia yang tinggi, baik dalam hal pengetahuan, keterampilan maupun sikap. Demi tercapainya peningkatan kualitas SDM masyarakat pada masa depan, program Pembangunan Nasional harus memberikan perhatian yang serius pada bidang pendidikan. Disamping mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak seperti penguasaan bahasa, agama moral, sosio emosional, motorik, kognitif, dan seni. Adapun peran lainnya yaitu dengan menanamkan literasi, serta pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran quantum pada anak usia dini di TK ABA Gunung Tua Mandailing Natal. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengetahui implementasi pembelajaran quantum pada anak usia dini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning. Model pembelajaran Quantum Learning ini menyajikan langkah atau tahapan pembelajaran yang bisa mengasah pemahaman dan ingatan, melalui proses belajar yang menyenangkan, sehingga anak-anak dapat aktif berperan selama proses pembelajaran.References
Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41
Azhari, S. (2021). Model Pembelajaran Quantum Dalam Mengembangkan Potensi Otak Anak Usia Dini Di Lembaga Paud. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 82. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.7274
K., Hasil, M., Anak, B., & Dini, U. (2023). Implementasi quantum learning berbasis pembelajaran kelompok dalam meningkatkan hasil belajar anak usia dini 1 1. 8, 656–670.
Deporter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.
Fitri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 40–51. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681
Khadijah, & Amelia, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini ( Teori Dan Praktik (2nd ed.). Prenada Media Group.
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Muslikah, M., & Rusnilawati, R. (2022). Penerapan Model Quantum Learning dengan Media Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Anak Disgrafia. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6537–6548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3327
Pendidikan, J., & Biasa, L. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DOODLING TERHADAP Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian. 1–8.
Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 33–38.
Rohmalina. (2015). Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD di KoTA Cimahi. Jurnal Empowerment, 3(1), 93–102.
Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Steam terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1887–1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4299
Umu Da’watul Choiro, & Mira Shodiqoh. (2019). Quantum Learning Sebagai Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini Menjadi Pendidik Yang Menyenangkan. Tadris?: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 11(1), 103–111. https://doi.org/10.51675/jt.v11i1.18
Wahyuningsih, A., Pendidikan, J., Biasa, L., Wahyuningsih, A., Biasa, P. L., Pendidikan, F. I., & Negeri, U. (2014). Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian. 1–8.
Wibowo, D. V. (2020). Implementasi Pembelajaran Quantum Learning Melalui Buku Aktivitas Covid 19 Terhadap Literasi Anak Usia Dini. PAUDIA?: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 11–24. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6261
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Ayu Rahma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.