ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SMP GAJAH MADA

Authors

  • Ruth Sitohang Universitas Negeri Medan
  • Yasifati Hia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25080

Keywords:

Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif  dan subjek  penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data  dilakukan dengan tes kemampuan komunikasi matematis siswa, teknik wawancara, dan dokumentasi. Keterampilan komunikasi matematis siswa dinilai menggunakan indikator komunikasi matematis. Hasil penilaian tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi berjumlah 8 siswa dengan persentase 32%. Terdapat 11 siswa yang kemampuan komunikasinya sedang dengan persentase 44% dan 6 siswa yang kemampuan komunikasinya rendah dengan persentase 24%. Setelah dihitung rata-rata skor indeks komunikasi matematis siswa, diperoleh rata-rata indeks komunikasi matematis tertinggi adalah indeks Write Text dengan skor rata-rata sebesar 80%, disusul oleh indeks komunikasi nilai matematika tertinggi kedua adalah indeks Mathematical Ekspression dengan skor rata-rata 60%, selanjutnya indeks komunikasi matematis terendah adalah indeks Drawing dengan rata-rata 48%.

References

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 88–89.

Ariesta, P. N., & Aswalludin, S. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan LKPD Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal Of Autentic Research On Mathematics Education, 3(1), 57.

Gupa, D. Q., & Jazwinarti. (2021). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(1), 11–15.

Pujiarti, T., & Ziaulhaq, M. (2022). Efektifitas model pembelajaran think talk write dengan make a match terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 98.

Syasri, S. I., Hasanuddin, & Noviarni. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 43.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Sitohang, R. ., & Hia, Y. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SMP GAJAH MADA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1242–1247. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25080

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.