ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SMP GAJAH MADA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25080Keywords:
Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk WriteAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan komunikasi matematis siswa, teknik wawancara, dan dokumentasi. Keterampilan komunikasi matematis siswa dinilai menggunakan indikator komunikasi matematis. Hasil penilaian tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi berjumlah 8 siswa dengan persentase 32%. Terdapat 11 siswa yang kemampuan komunikasinya sedang dengan persentase 44% dan 6 siswa yang kemampuan komunikasinya rendah dengan persentase 24%. Setelah dihitung rata-rata skor indeks komunikasi matematis siswa, diperoleh rata-rata indeks komunikasi matematis tertinggi adalah indeks Write Text dengan skor rata-rata sebesar 80%, disusul oleh indeks komunikasi nilai matematika tertinggi kedua adalah indeks Mathematical Ekspression dengan skor rata-rata 60%, selanjutnya indeks komunikasi matematis terendah adalah indeks Drawing dengan rata-rata 48%.References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 88–89.
Ariesta, P. N., & Aswalludin, S. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan LKPD Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal Of Autentic Research On Mathematics Education, 3(1), 57.
Gupa, D. Q., & Jazwinarti. (2021). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(1), 11–15.
Pujiarti, T., & Ziaulhaq, M. (2022). Efektifitas model pembelajaran think talk write dengan make a match terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Media Pendidikan Matematika, 10(2), 98.
Syasri, S. I., Hasanuddin, & Noviarni. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ruth Sitohang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.