PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIBOLGA

Authors

  • Larasati Diliana Gultom Universitas Negeri Medan
  • W.L. Sihombing Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25078

Keywords:

Self Efficacy, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi model regresi berganda serta dampak yang signifikan dari variabel self efficacy (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar (Y). Penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan rumus regresi. Partisipan penelitian adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Sibolga kelas XI BDP-2. Penelitian ini menggunakan tes instrumen dengan tiga soal dan dua angket, yaitu angket self efficacy (X1) dan angket motivasi belajar siswa (X2). Uji homogenitas dan normalitas terlebih dahulu dilakukan sebelum hipotesis diuji. Metode Liliefors digunakan untuk menentukan normalitas, dan uji F digunakan untuk menentukan homogenitas. Populasi ditemukan terdistribusi normal dan homogeny dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Modelnya adalah 0,963 + 0,510 X1 + 0,545 X2 yang ditentukan oleh analisis data regresi linier berganda. Analisis korelasi berganda dari data menunjukkan bahwa efikasi diri dengan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 97,3% terhadap hasil belajar siswa (Y). terlihat bahwa efikasi diri dan motivasi siswa memiliki dampak pada prestasi belajar siswa, sementara variabel lain tidak diperhitungkan.

References

Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin.(2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar Offset: Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi.(2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

D. Cahyono, Suprat Dan Mega Teguh Budiarto, 2016. “Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 22 Surabaya Pada Materi Lingkaran, Volume 3 Nomor 5, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Grufhrom M. Nur Dan Rini Risnawati S. (2012). Teori- Teori Psikologi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar.(2015). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hamdi, Syukrul Dan Agus Maman Abadi, 2014. “Pengaruh Motivasi, Self Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip-H Dan Pgmi Iaih Dalam Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 1.

Hamzah B.Uno,. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: Pt.Raja Grafindo Persada.

Hendriana, Heris, dkk. 2017. Hard Skills Dan Soft Skill Matematika Siswa, Bandung: Pt. Refika Aditama.

Novalinda,E,dkk.(2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntans Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember T.A 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11(2):116

Nugroho,U,dkk. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 108.

Permana Rizky Zul A.&Mulyono (2020). Influence Of Visual Auditory,Kinesthetic Learning Style on the Ability of Troubleshooting E-Learning-Based Math. Jurnal of Education and Practice 11(18):184-185.

Putri,Kabita Camelia dan Sutriyono.(2018). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika.. 7(2):297

Riduwan, 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula, Bandung: Alfabeta.

Sardiman, (2012). Intekrasi Dan Motivasi Belajar Mengajar,Jakarta: Rajawali Pers.

Siswato,Iman. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mathematics Paedagogic, 1(2): 183.

Silitonga, Pasar (2011). Statistik Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Medan:

Siregar, Sofyan. 2017. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto, (2010). Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana.(2005). Metoda Statistika. Bandung:TARSITO.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Belajar mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya

Suherman, Erman.( 2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Jica Universitas Pendidikan Indonesia.

Telussa,dkk. (2013). Penerapan Analisis Korelasi Parsial untuk Menentukan

Hubungan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepegawaian dengan Efektivitas

Kerja Pegawai. Jurnal Barckeng. 7(1):17.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pernada Media.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Gultom, L. D. ., & Sihombing, W. (2024). PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIBOLGA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1232–1235. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25078

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.