EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 KOTA SORONG

Authors

  • Afifah Istiqomah Universitas Madako Tolitoli
  • Tusana Nurul Safaah Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Abu Sofyan Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24993

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiapakah ada keefektifan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTS Muhammadiyah 1 Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan design Two Group Posttest Onliy. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII.2 yang dijadikan sebagai kelompok bahasa yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan bahasa tes dan nontes. Bentuk tes berupa uraian, dan bentuk nontes adalah menyimak, diskusi berpasangan dan persentasi. Teknik analisis data digunakan adalah analisis beda rerata (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam hal ini hanya menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

References

Abdullah, S. 1995. Problematika Belajar Tuntas Bahasa dan Sastra Indonesia di SLTP dan SMU.Makalah: IKIP Surabaya.

Arends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Puskur, Depdiknas

Eggen, P.D. and Kauchak, D.P.1996, “Starategy for Teacher, Teaching Conten and Thinking Skill. Boston:Allyn dan Bocon.

Hanafiah. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Kecerdasan Emosional Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD 244 Yogyakarta. Tesistidak diterbitkan: Yogyakarta. Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Ibrahim, Muslimin., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESAUniversity Press.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Jones, Graham A., Thornton, Carol A., 2001. “Vygotsky Revisited: Nurturing Young Children’s Understanding of Number”. Focus on Learning Problem in Spring and Summer Edition. Volume 15, Number 2&3, 1993, p. 18-28. Center for Teaching/Learning.

Leiken, Roza., Zaslavsky, 1997. “Facilitating Student Interaction a Cooperative Learning Setting”. Journal for Research in Education. Volume 28, Number 3, May 1997, p. 331-354. USA: Inc.

Lie, Anita, 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mansyur. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Modul 1-6. Universitas Terbuka. Jakarta: Karya Bandung.

Mudhofir. 1987. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, Endang. 2011 Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Pres.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menumbuhkan Kemampuan Metakogninif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Slavin, Robert E., 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice.Fourth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

__________., 2004. Educational Psychology. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sopian, Alfian Halid. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Kecerdasan Anak Membaca Cepat. Tesistidak diterbitkan: Malang. PPs Universitas Kanjuruhan Malang.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suherman, E. 1994. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Siswa Bahasa Indonesia, Depdikbud. Jakarta.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Istiqomah, A., Safaah, T. N., & Sofyan, A. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 KOTA SORONG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1924–1931. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24993