TREN PENELITIAN LITERASI KIMIA DALAM JURNAL PENDIDIKAN: ANALISIS BIBLIOMETRIK DARI TAHUN 2014-2023)

Authors

  • Sirry Alvina Universitas Malikussaleh
  • Cut Intan Mega Handayani Universitas Malikussaleh
  • Mellyzar Mellyzar Universitas Malikussaleh
  • Wildanul Khaira Universitas Malikussaleh
  • Riski Maulida Universitas Malikussaleh
  • Fitri Wulandari Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23356

Keywords:

Literasi Kimia, Vosviewer, Pop, Bibliometrik

Abstract

Literasi kimia merupakan salah satu cabang dari literasi sains. Dikarenakan pembelajaran kimia adalah bagian dari pembelajaran sains sehingga pembelajaran kimia juga bertanggung jawab terhadap pencapaian literasi kimia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan perkembangan tren, penelitian tentang literasi kimia dalam jurnal pendidikan antara tahun 2014 dan 2023. Metode yang diterapkan adalah tinjauan pustaka (literature review) yang melibatkan pengumpulan ringkasan beberapa artikel yang relevan dengan topik yang ada pada penelitian saat ini. Pencarian artikel penelitian dilakukan menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish melalui penggunaan kata kunci “Literasi Kimia” pada artikel-artikel berbahasa Indonesia dari database Google Schoolar dan berbahasa Inggris dengan kata kunci “Chemical Literacy” dari tahun 2014-2023 dari database Scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2014-2023. Jumlah artikel dengan kata kunci literasi kimia dalam bahasa Indonesia lebih banyak daripada bahasa Inggris.

References

Alvina, S., Mellyzar, M., Zahara, S. R., Masrina, M., & Afrianti, S. (2022). The influence of POGIL and MFI models on science literacy and science process skills for junior high school. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1907-1915.Celik, S. (2014). Chemical literacy levels of science and mathematics teacher candidates. Australian Journal of Teacher Education, 39(1), 1-15.

Chang, H. Y., Shu-Yuan, C., Lo, C. J., & Jeng-Fung, H. (2015). Using a knowledge-integration-based digital curriculum to facilitate scientific literacy in learning chemical reactions. Journal of Research in Education Sciences, 60(3), 153.

Cigdemoglu, C., & Geban, O. (2015). Improving students’ chemical literacy levels on thermochemical and thermodynamics concepts through a context-based approach. Chemistry Education Research and Practice, 16(2), 302-317.

Cigdemoglu, C., Arslan, H. O., & Cam, A. (2017). Argumentation to foster pre-service science teachers’ knowledge, competency, and attitude on the domains of chemical literacy of acids and bases. Chemistry Education Research and Practice, 18(2), 288-303.

Hernani, H., Saefulloh, S., & Mudzakir, A. (2017, August). The first year pre-service teachers’ chemical literacy in individual learning case using the fuel cell technology based-chemical enrichment book. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1). AIP Publishing.

Hernani, H., Ulum, L. L., & Mudzakir, A. (2017, August). Artificial muscles’ enrichment text: Chemical Literacy Profile of pre-service teachers. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1). AIP Publishing.

Imansari, M., Sudarmin, S., & Sumarni, W. (2018). Analisis literasi kimia peserta didik melalui pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201-2211.

Istiana, P. (2022). Analisis bibliometrik perkembangan penelitian bidang ilmu geografi. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 43(2), 69-80.

Khery, Y., Indah, D. R., Aini, M., & Nufida, B. A. (2020). Urgensi pengembangan pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal dan kepariwisataan untuk menumbuhkan literasi sains siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 460-474.

Laksono, P. J. (2018). Studi kemampuan literasi kimia mahasiswa pendidikan kimia pada materi pengelolaan limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1-12.

Mellyzar, M., Herizal, H., & Novita, N. (2022, December). Pre-service teachers’ belief to achieve scientific literacy. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1). AIP Publishing.

Mellyzar, M., Lukman, I. R., & Busyraturrahmi, B. (2022). Pengaruh Strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Proses Sains dan Literasi Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 70-76.

Mellyzar, M., Zahara, S. R., & Alvina, S. (2022). Literasi sains dalam pembelajaran sains siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 119-124.

Muchtar, H. K. (2020, March). Evaluation of chemical literacy assessment instruments in solution materials. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1521, No. 4, p. 042061). IOP Publishing.

Muntholib, M., Ibnu, S., Rahayu, S., Fajaroh, F., Kusairi, S., & Kuswandi, B. (2020). Chemical literacy: Performance of first year chemistry students on chemical kinetics. Indonesian Journal of Chemistry, 20(2), 468-482.

Novita, N., Muliani, M., Mellyzar, M., & Unaida, R. (2023, March). Examining Junior High School Student’s Self-efficacy of Literacy and Numeracy. In Mathematics and Science Education International Seminar 2021 (MASEIS 2021) (pp. 201-209). Atlantis Press.

Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46-57.

Rahayu, S. (2017, October). Mengoptimalkan aspek literasi dalam pembelajaran kimia abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY (Vol. 21, No. 4, pp. 183-188).

Raub, L. A., Arshad, M. Y., Rosli, M. S., & Shukor, N. A. (2017). Investigating chemical literacy achievement among high-achiever students in Malaysia. Advanced Science Letters, 23(9), 8425-8427.

Rery, R. U., & Erna, M. (2020, October). Validity and reliability of assessment instruments for analytical thinking ability and chemical literacy in the colligative properties. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1655, No. 1, p. 012056). IOP Publishing.

Sadhu, S., & Laksono, E. W. (2018). Development and Validation of an Integrated Assessment for Measuring Critical Thinking and Chemical Literacy in Chemical Equilibrium. International Journal of Instruction, 11(3), 557-572.

Sadhu, S., Ad'hiya, E., & Laksono, E. W. (2019). Exploring and comparing content validity and assumptions of modern theory of an integrated assessment: Critical thinking-chemical literacy studies. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 570-581.

Saija, M. (2019). Profil kemampuan literasi kimia siswa SMA negeri 3 Ambon. Jurnal Kiprah, 7(2), 99-106.

Sanova, A., Afrida, A., Bakar, A., & Yuniarccih, H. R. (2021). Pendekatan Etnosains Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Materi Larutan Penyangga. Jurnal Zarah, 9(2), 105-110.

Sujana, A., Permanasari, A., Sopandi, W., & Mudzakir, A. (2014). Literasi kimia mahasiswa PGSD dan guru IPA sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 5-11.

Sumarni, W., Rusilowati, A., & Susilaningsih, E. (2017). Chemical literacy of teaching candidates studying the integrated food chemistry ethnosciences course. Journal of Turkish Science Education, 14(3), 40-72.

Sunyono, S., & Efkar, T. (2020). Kontrak & Laporan Penelitian: Desain Pembelajaran Kimia Sma Berbasis Sosio-Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia Dan Efikasi Diri Siswa.

Viendrieana, M. (2020). Analisis Muatan Literasi Kimia Pada Buku Teks Kimia SMA Kelas XI di Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 196–204.

Wiyarsi, A., Prodjosantoso, A. K., & Nugraheni, A. R. (2021, May). Promoting students’ scientific habits of mind and chemical literacy using the context of socio-scientific issues on the inquiry learning. In Frontiers in Education (Vol. 6, p. 660495). Frontiers Media SA.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2), 21-27.

Yusmaita, E., & Nasra, E. (2017). Perancangan Assesmen Literasi Kimia Dengan Menggunakan Model of Educational Rekonstruction (MER) Pada Tema:“Air Sebagai Pelarut Universal”. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 49-55.

Yusmaita, E., & Nasra, E. (2018, April). Design of Chemical Literacy Assessment by Using Model of Educational Reconstruction (MER) on Solubility Topic. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Alvina, S. ., Handayani, C. I. M. ., Mellyzar, M., Khaira, W. ., Maulida, R., & Wulandari, F. (2024). TREN PENELITIAN LITERASI KIMIA DALAM JURNAL PENDIDIKAN: ANALISIS BIBLIOMETRIK DARI TAHUN 2014-2023). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 502–513. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23356