PENGEMBANGAN SELF-ASSESSMENT DIGITAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN ELEMEN SISTEM SASIS UNTUK SMK TEKNIK OTOMOTIF

Authors

  • Erwin Komara Mindarta Universitas Negeri Malang
  • Partono Partono Universitas Negeri Malang
  • Syarif Suhartadi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43716

Keywords:

Self-Assessment Digital; Sistem Sasis; SMK Teknik Otomotif

Abstract

Self-Assessment Digital dalam pendidikan kejuruan meningkatkan hasil pembelajaran, keterlibatan, dan kesadaran metakognitif. Studi ini mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa dalam pelatihan otomotif, dengan fokus pada elemen sistem sasis. Penelitian ini meneliti bagaimana Self-Assessment Digital mendorong pembelajaran yang diatur sendiri dan memberikan umpan balik langsung. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini membandingkan siswa yang menggunakan Self-Assessment Digital dengan mereka yang mengandalkan evaluasi tradisional. Penilaian pra-tes dan pasca-tes, survei, observasi, dan wawancara dilakukan untuk menganalisis kinerja siswa, keterlibatan, dan persepsi kegunaan. Temuan menunjukkan bahwa Self-Assessment Digital secara signifikan meningkatkan hasil pembelajaran, dengan kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan 18% dalam skor pasca-tes dibandingkan dengan 7% pada kelompok kontrol. Tingkat keterlibatan dan motivasi juga lebih tinggi di antara siswa yang menggunakan alat digital. Selain itu, Self-Assessment Digital meningkatkan keterampilan metakognitif dengan mendorong refleksi diri. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan pelatihan guru dicatat. Studi ini berkontribusi pada penelitian yang berkembang tentang penilaian digital, dengan menekankan integrasinya ke dalam kurikulum untuk pembelajaran mandiri. Penelitian di masa mendatang harus mengeksplorasi efek jangka panjang dan teknologi baru seperti kecerdasan buatan dan realitas tertambah untuk lebih meningkatkan penilaian mandiri dalam pendidikan kejuruan

References

Achnib, A., & Sename, O. (2021). Pendekatan umpan maju pratinjau yang tangguh untuk masalah kontrol suspensi semiaktif kendaraan. 485-490.https://doi.org/10.23919/ecc54610.2021.9655124

Feng, T., Guo, W., Li, W., Meng, Z., Zhu, Y., Zhao, F., … & Liang, W. (2023). Mengungkap potensi berkelanjutan: penilaian siklus hidup komponen otomotif berbusa mikroseluler komposit serat tanaman. Materials, 16(14), 4952.https://doi.org/10.3390/ma16144952

Hartmann, S., Güzel, E., & Gschwendtner, T. (2023). Pengukuran digital kinerja praktik? Validasi ekologis penilaian berbasis komputer terhadap keterampilan perbaikan otomotif. Penelitian Empiris dalam Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, 15(1).https://doi.org/10.1186/s40461-023-00153-x

Koenig, W., Schmidt, M., & Hofmann, A. (2022). Digitalisasi dalam pendidikan kejuruan: Tantangan dan strategi untuk pelatihan guru. Jurnal Pendidikan Kejuruan dan Teknik, 28(2), 143-157.

Lee, K., Song, Y., Park, M., & Yoon, B. (2024). Pengembangan model penilaian kematangan transformasi digital untuk pabrik kolaboratif yang melibatkan banyak perusahaan. Keberlanjutan, 16(18), 8087.https://doi.org/10.3390/su16188087

Liu, X. (2023). Membangun sistem pengajaran yang cerdas memungkinkan sekolah kejuruan berkembang dengan kualitas tinggi. 664-667.https://doi.org/10.1109/itme60234.2023.00138

Muhammad, M., Attidekou, P., Ahmeid, M., Milojević, Z., & Lambert, S. (2019). Pemilahan baterai kendaraan listrik bekas untuk aplikasi masa pakai kedua. 325-329.https://doi.org/10.1109/sege.2019.8859921

Rausch, A., Abele, S., Deutscher, V., Greiff, S., Kis, V., Messenger, S., … & Winther, E. (2024). Merancang penilaian kompetensi profesional dan keterampilan kerja berskala besar di tingkat internasional: Peluang dan tantangan baru PISA-VET OECD. Vocations and Learning, 17(3), 393-432.https://doi.org/10.1007/s12186-024-09347-0

Silva, A., Gomes, M., & Winkler, I. (2022). Realitas virtual dan pemodelan manusia digital untuk penilaian ergonomi dalam pengembangan produk industri: Paten dan tinjauan pustaka. Applied Sciences, 12(3), 1084.https://doi.org/10.3390/app12031084

menatap, A., Babeľová, Z., Vraňaková, N., & Jurík, L. (2023). Dampak implementasi Industri 4.0 terhadap kompetensi umum yang dibutuhkan karyawan di sektor otomotif. Arsip Teknik Produksi, 29(3), 254-262.https://doi.org/10.30657/pea.2023.29.29

Venancio, A., Loures, E., Deschamps, F., Justus, Á., Lumikoski, A., & Brezinski, G. (2022). Kerangka kerja prioritas teknologi untuk mengadaptasi sistem pemeliharaan lama untuk persyaratan Industri 4.0: Pendekatan interoperabilitas. Produksi, 32.https://doi.org/10.1590/0103-6513.20210035

Yang, J., Putra, Y.,Lee, D., & Noh, S. (2022). Penilaian terpadu berbasis kembaran digital pada lini produksi suku cadang otomotif yang fleksibel dan dapat dikonfigurasi ulang. Mesin, 10(2), 75.https://doi.org/10.3390/machines10020075

Ya, Y., & Atkins, E. (2021). Kotak hitam pintar: Perekam data peristiwa otomotif bandwidth tinggi yang digerakkan oleh nilai. Transaksi IEEE pada Sistem Transportasi Cerdas, 22(3), 1484-1496.https://doi.org/10.1109/tits.2020.2971385

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

Mindarta, E. K., Partono, P., & Suhartadi, S. (2025). PENGEMBANGAN SELF-ASSESSMENT DIGITAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN ELEMEN SISTEM SASIS UNTUK SMK TEKNIK OTOMOTIF . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3278–3288. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43716

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.