MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI RANGKAIAN LISTRIK DAN FUNGSI KOMPONEN LISTRIK PADA BIDANG STUDI IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DI KELAS VI UPTD SDN 02 BARUAH GUNUANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22092Keywords:
Rangkaian Listrik, Model pembelajaran PBL, Komponen ListrikAbstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap penguasaan materi rangkaian listrik pada bidang studi ipa melalui model pembelajaran PBL UPTD SDN 02 BARUAH GUNUANG Kecamatan BUKIK BARISAN Kabupaten LIMA PULUH KOTA Propinsi SUM-BAR Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) classroom based action research dengan peningkatan pada unsur desain yang memungkinkan diperolehnya gambaran keefektifan pembelajaran yang dilakukan. Model rancangan penelitian ini mengacu pada model rancangan Kemmis dan Target (1988) dengan 3 siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan peningkatan tersebut relevan dengan respon siswa kelas VI UPTD SDN 02 BARUAH GUNUANG Kecamatan BUKIK BARISAN Kabupaten LIMA PULUH KOTA Propinsi SUM-BAR Tahun Pelajaran 2022/2023 SDN yang positif terhadap pembelajaran materi rangkaian listrik dengan model belajar PBLReferences
Balai Penataan Guru, Surabaya (2003) Evaluasi Pembelajaran
Balai Penataan Guru, Surabaya (2003) Diklat Guru PBS IPA SD Depdiknas (2004) Kurikulum 2004
Kristoro, Dipe, TESOL, M.A (2005) Materi Management Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah
Maryono, Bekti (2003) Kurikulum Pendidikan Dasar 1994 dan KBK
Maryono, Bekti (2006) Wawasan Kependidikan
Patmiati, HS, 2003, Konsep Sumber-Sumber Energi Bumi, CV. Pelita Karya, Kalimantan Timur.
Pandu Jatmiko, 2004, Discovery and Blue Energy (terjemahan ed.al, Hurteland James, Orland ; British
Soenarjo, Moendiksani, Dra. Hj. (2003) Peningkatan Profesi Guru.
Widayati, Ninik Sri, Dra (2003) Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asmidewita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.