PELATIHAN PEMBACAAN DHAMMAPADA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA VERSI SARADHANIYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21531Keywords:
Dhammapad?, Keterampilan, MembacaAbstract
Siswa sekolah minggu Buddha Gavidati di desa prigi dengan jumlah 46 anak dari yang belum sekolah sampai yang sudah sekolah menengah pada anak usia 12-17 tahun, didapati keseluruhan belum bisa membaca Dhammapad? sesuai dengan ketepatan Teknik membaca dari berbagai versi. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui Pelatihan Pembacaan Dhammapad? Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Versi Saradhaniya bagi siswa SMB Gavidati pada anak usia 12-17 tahun. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eskperimen bentuk desain one-group pretest-posttest. Metode yang digunakan untuk mengukur validitas dari item-item dalam kuesioner adalah dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil menunjukkan rata-rata peningkatan keterampilan membaca Dhammapad? sebesar 53%. Rata-rata keterampilan sebelum diberikan perlakuan adalah 36% dengan kategori sangat tidak sesuai dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 89% dengan kategori sangat sesuai. Penelitian yang telah dilakukan menunjukan perubahan yang signifikan pada anak sekolah Pada perhitungan t diperoleh nilai -14,302 dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel (nilai t tabel dari df 11 adalah 2,201). Karena nilai t berada di atas nilai kritis 2,201 maka perbedaan diterima pada taraf 99%. Nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,00, karena Sig. 0,05 maka terbukti bahwa terdapat Keefektifan pelatihan pelatihan pembacaan Dhammapad? dalam meningkatkan keterampilan membaca versi saradhaniya antara sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan pembacaan keterampilan membaca Dhammapad?.References
An?layo, B., & The. (2018). ORIGINAL PAPER How Mindfulness Came to Plunge into its Objects Bhikkhu An?layo. 1181–1185.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Darma, W. (2022). Analisis Manajemen Pelaksanaan Sekolah Minggu Buddha. Purwadita?: Jurnal Agama Dan Budaya, 6(1), 1. https://doi.org/10.55115/purwadita.v6i1.1952
Dermawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarta.
Khoreson, H. A., Purnama, T. Y., & Saputra, D. N. (2023). Efektivitas Pembelajaran Sekolah Minggu Buddha Berbasis Sets Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. 7(55), 1947–1954.
Maitreyawira, J. (2020). 1 , 2 , 3. 1(April), 32–38.
Majalengka, U., & Author, C. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Centre Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka Titin Agustika. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31949/ra.v1i1.2595
Marjoko, S. (2023). Pelatihan Membaca Kitab Suci Dhammapada Untuk Pemuda dan Pengurus Vihara Ariya Dipasena, Desa Ranca Iyuh, Kabupaten Tangerang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.316
Rendy Arifin. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Agama Buddha. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 12(1), 95–102. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.783
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta.
Susanto, Budiyanto, Sutiyono, Sumarwan, E., & Kundana, D. (2021). Jurnal pengabdian kepada masyarakat bodhi dharma vol. 1, no. 1, agustus 2021. 1(1), 21–28.
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Efektivitas Pelatihan Pembacaan Dhammapad? Terhadap Tercapainya Keterampilan Membaca Dhammapad? Sesuai Tanda Baca Yang Berlaku. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/ pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Krido Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.