MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL SEMOGA DAN TEBAK KATA DI SDN BENUA ANYAR 8

Authors

  • Ni Putu Devi Puspita Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Diani Ayu Pratiwi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31879

Keywords:

Keterampilan Membaca Pemahaman, SEMOGA, Tebak Kata.

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penyebabnya yaitu kurangnya kegiatan membaca, siswa kurang mampu memahami materi dan kurangnya model pembelajaran beragam untuk mendukung memahami teks. Salah satu upaya tersebut adalah melalui penggunaan model pembelajaran SEMOGA dan permainan tebak kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman. Jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas (PTK). 20 orang siswa di kelas III SDN Benua Anyar 8 adalah subjek penelitiannya. Jenis data yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 30% dengan kriteria “sangat sedikit siswa terampil” menjadi 85% dengan kriteria “seluruh siswa terampil”. Dapat disimpulkan bahwa model SEMOGA berpotensi meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

References

Jurnal

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Sari, N. P. D. P. ., & Pratiwi, D. A. . (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL SEMOGA DAN TEBAK KATA DI SDN BENUA ANYAR 8. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11822–11829. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31879

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.