HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.168Keywords:
Minat Membaca, Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah DasarAbstract
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat membaca siswa, bagaimana keterampilan menulis karangan narasi siswa, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Bangkinang Kota. Dalam peneliitian ini terdapat 22 responden yang dijadikan sampel penelitian sedangkan siswa untuk uji coba terdapat 20 responden. Teknik pengambilan sampelnya yaitu sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengggunakan angket minat baca dan tes keterampilan menulis narasi. Uji Validitas menggunakan rumus Product terdapat 24 atau seluruh pernyataannya valit karena r tabelnya lebih besar dari 0,30 sedangkan pernyataan yang tidak valit tidak ada, Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan juga analisis statistik. Hasil deskripsi data penelitian bahawa minat membaca siswa dapat dikatakan berkategori baik dengan Persentase 50,00 dan keterampilan menulis narasi siswa juga berada pada kategori baik dengan Persentase 45,45. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment maka dapat diketahui tigkat hubungan antara minat membaca dan keterampilan menulis karangan narasi diperoleh nilai r hitung sebesar 0,638. Sedangkan r tabel dengan N=22 pada taraf signifikansi 5%, yaitu sebesar 0,423. Dari hasil demikian terdapatlah nilai r hitung > r tabel, menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SD Negeri 012 Langgini Bangkinang Kota Tahun Ajaran 2018/2019. ÂReferences
Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bukhari (2010). Keterampilan Berbahasa Membaca dan Menulis. Banda Aceh:Yayasan Pena.
Dalman ( 2014). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja persada.
Dalman (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Persada.
Finoza Lamuddin. (2009). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia
Henry G. Tarigan. (2008). Mmbaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Iskandarwassid. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusmayadi Ismail. (2011). Guru Juga Bisa Menulis. Bandung: PT.REKA
Kurniawan, L. A. (2014). Pengoptimalan Blog Dalam Upaya Menunjang Keterampilan Menulis Mahasiswa. Jurnal Sasindo. Vol. 2 No. 1, hlm 60,62.
Lusanti R, (2013). Hubungan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negri 71 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu: Skripsi Tidak dipublikasikan.
Maryuningsih. (2014). Hubungan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus Kecamatan Kraton Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi Tidak dipublikasikan.
Melawati Avanda (2017). Hubungan Kemampuan Membaca Dengan Kemampuan Menulis Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SdN 1 Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto: Skripsi Tidak di Publikasikan.
Priyatno Duwi (2010).Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: PT.Buku Seru
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar: Surakarta
Rahim F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara
Rahman fidian (2012). Contoh Gambar Seri Media Pembelajaran. [Online]. Tersedia (http:// remajasampit. blogspot. co. id/2012/11/contoh-gambar-seri-media pembelajaran.html [ diakses tanggal 10 maret 2018 ]
Riduwan. 2015. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta: Bandung
Riduwan dan Sunarto. 2015. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta: Bandung
Sukardi (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara
Syarif,E.Zulkarnaini.Sumarmo. (2009). Pembelajaran Menulis.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sugiono (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Siregar S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Tarigan.Aceng.R.Kholid,A.(1994).Membaca Dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa
Taufina (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: CV Angkasa
Trianto (2017).Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.