PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPT SPF SDN 290 TAHEBATU KABUPATEN BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36852Keywords:
Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), Keterampilan Membaca Pemahaman.Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba, untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba, untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III di UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang meliputi siswa kelas III A dan III B. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 siswa kelas III A dan 22 siswa kelas III B yang dipilih dengan teknik total sampling. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian: (1) Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) yang berlangsung selama dua pertemuan menunjukkan adanya peningkatan dari setiap keterlaksanaan sintaks atau langkah model. Hal ini dipengaruhi oleh maksimalnya keterlaksanaan sintaks pertama yakni pada tahap penyajian data. Oleh karena itu, Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) yang diterapkan dalam proses pembelajaran kelas eksperimen pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III UPT SPF SDN 290 Tahebatu Kabupaten Bulukumba dapat berlangsung dengan kategori sangat baik pada pertemuan kedua; (2) Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III UPT SPF SDN 290 Tahebatu.References
Anwar, W. S. 2022. Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 76-81.
Diliana, A., Saputra, H. H., & Setiawan, H. 2021. Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57-65.
Mansurdin., & Cici Ratika Syafitri. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335- 1346.
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26.
Tugeni (2021). Peningkatan Minat dan Keterampilan Membaca Pemahaman Menemukan Gagasan Utama dalam Teks Bacaan Menggunakan Metode Make A Match Pada Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 1 Kedungbanteng. Jurnal Pendidikan, 5(2), 40-49.
United Nations. (2019). World Population Ageing 2019, Department Economic and Social Affairs, Population Division. United Nation.
Utomo, S. F. P. (2018). Tinjauan Sistematik?: Pengaruh Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Psikologi Terhadap Successful Aging. Prosiding Seminar Nasional dan Diseminasi Penelitian Kesehatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizki Nur Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.