ASESMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32623Keywords:
Pendidikan, Berpikir Kritis, AsesmenAbstract
Pada pendidikan abad ke-21 keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis dapat diartikan sebagai keterampilan berpikir secara logis dengan mengumpulkan, menganalisis dan mengevaluasi informasi secara sistematis sehingga didapatkan pemahaman yang mendalam dan keputusan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas instrument asesmen keterampilan berpikir kritis melalui assessment for learning, dan untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui assessment for learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian yaitu instrumen asesmen keterampilan berpikir kritis dan subjek untuk uji coba instrumen yaitu peserta didik kelas XI SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Hasil penelitian menujukkan bahwa validitas isi intrumen assessment for learning pada ranah isi, ranah konstruksi dan ranah bahasa memenuhi kategori sangat valid. Validitas empiris instrumen asesmen keterampilan berpikir kritis menujukkan bahwa 9 butir soal yang diujikan dalam kategori valid dan reliabel, serta memiliki tingkat kesukaran dalam kategori sedang. Profil keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi fluida statis yang diukur melalui assessment for learning memiliki hasil bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Hang Tuah 1 Surabaya masuk ke dalam kategori sangat rendah dengan presentase rata-rata sebesar 49,83%. Sedangkan untuk kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan tiap aspek didapatkan hasil bahwa pada aspek memberikan penjelasan sederhana berada di kategori sangat rendah, membangun keterampilan dasar berada di kategori rendah, menyimpulkan berada di kategori sangat rendah, memberikan penjelasan lanjut berada di kategori sangat rendah.References
Arifin, M. B. U. B., & Nurdyansyah. 2018. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Arifin, Z. 2017. “Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian”. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol. 2, No.1,28-36.
Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asniar, Nurhayati, & Khaeruddin. 2022. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik SMAN 11 Makassar”. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Jilid 18, No. 2, 140-157.
Ennis, R. H. 1993. Critical Thingking Assesment. College of Education, The Ohio State University, 1993, hal. 180.
Fahmi, J. Nahadi, Hernani. 2023. “Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Need Assessment Study”. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 7, No. 2.
Farcis, F. 2019. “Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Palangkaraya dalam Proses Analisis Artikel Ilmiah. Jurnal Jejaring Matematika dan Sains, 1(1), 52-58.
Kamalia, N., Wasis. 2021. “ Analisis Profil Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Soal Fluida Statis”. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 10, No. 1, 90-98.
Khasanah, S. M. dan Supardi, Z. A. I. 2019. “Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis”. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 799-803.
Leicester, M & Taylor, D. 2010. Critical Thingking Across the Curriculum. New York: McGraw-Hil Open University Press.
Magdalena, I., Oktavia, D., & Nurjamilah, P. 2021. “Analisis Evaluasi Sumatif dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19”. ARZUSIN. Vol. 1, No. 1, 137-150.
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. 2017. “Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi”. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202. https://doi.org/10.21009/1.03211
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 3, No.2, 155-158.
Puspita, I., Kaniawati, I., &Suwarma, I.R. 2017. “Analysis of Critical Thinking Skillson the Topic of Static Fluid”. Journal of Physics: Conference Series, 895(1)
Putri, W. I., Sundari, P.D., Mufit, F., Dewi, W. S. 2023. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Pemanasan Global”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 8, No. 4.
Rahayu, R., Iskandar, S., Abidin, Y. 2022. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia”. Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 2, 2099-2014. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, I., Hidayat, A., Rahayu, S. 2016. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya”. Pros. Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, Vol. 1.
Redhana, I. A. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 13, No. 1, 2239-2253. DOI: https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824
Rivaldo, L., Taqwa, M. R. A., Taurusi, T. 2018. “Resources Siswa SMA tentang Konsep Gaya Archimedes”. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, Vol. 6, No. 3, 251–258.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta
Rosdiana, S. R., Sutopo, Kusairi, S. 2019. “Kemampuan Berpikir Kritis siswa SMA pada Materi Fluida Statis”. Junal Pendidikan Universitas Negeri Malang. Vol. 4, No. 6, Hal. 731-736
Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., Setyawarno, D. 2020. “Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning, dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang”. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA. Vol. 4, No. 1, Hal. 71–78. DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080
Rosnaeni. 2021. “Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21”. Jurnal Basicedu. Vol.5, No. 5, Hal. 4334 – 4339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Savitri, I., Kholiq, A. 2023. “Validitas Komik Fisika Digital Untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Gaya Gesek”. Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 12, No. 3, 41 47. DOI: https://doi.org/10.26740/ipf.v12n3.p41-47
Soni, T., Sitompul, S. S., & Oktavianty, E. 2023. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Fluida Statis Di SMA Kristen Ekklesia Nanga Pinoh”. Jurnal Pendidikan: Riset&Konseptual. Vol. 7, No. 1.
Sundari, P. D. & Sarkity, D. 2021. “Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika”. Journal of Natural Science and Integratio, Vol. 4, No. 2, Hal 149-161.
Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. 2018. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Model Pembelajaran Terintegrasi”. Jurnal Kependidikan, 2(2), 348–360.
Taqwa, M. R. A., Faizah, R., Rivaldo, L. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Topik Fluida Statis”. Junal Pendidikan Fisika. Vol.4, No. 1.
Wahyuningsih, D., Kurniawan, D. A., Maison, Aziza, A. 2021. “Analisis Kemampuan Beripikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains.
Widyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tulvika Nurazizah Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




