PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34053Keywords:
Model Circ, Keterampilan Menbaca Pemahaman, Sekolah Dasar.Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh adanya realita bahwa keterampilan membaca pemahaman peserta didik di SDN Beskalan 14 Surakarta masih rendah. Hal ini dibuktikan dari 14 peserta didik, hanya 3 yang mendapatkan nilai tuntas. Presentasi ketuntasan peserta didik sebesar 21%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat langkah yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, tes, dan dokumentasi.. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles-Huberman. Uji validitas data dilakukan menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada sikuls pertama dan kedua yaitu sebesar 57,5 menjadi 85,4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran CIRC dapat membantu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Model ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya mengenai keterampilan membaca pemahaman peserta didik.Downloads
Published
2024-09-05
How to Cite
Nugroho, A. D. ., Utomo, A. C. ., & Undari, T. . (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12480–12486. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34053
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Amarylis Divanurin Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.