PENERAPAN STRATEGI KNOW -WHAT TO KNOW-LEARNED (KWL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25577Keywords:
Strategi Know What to Know Learned (KWL), Keterampilan Membaca Pemahaan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 011 Bukit Pedusunan, tepatnya pada materi Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya membaca pemahaman siswa pada siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, 14 orang siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum tindakan, ketuntasan hasil keterampilan membaca pemhaman siswa hanya 55% dengan kategori kurang. Dalam melakasanakan siklus 1 pertemuan 1, ketuntasan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai 65% dengan kategori cukup. Pada siklus 1 pertemuan 2 hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai 75% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 hasil tes ketrampilan membaca pemahaman siswa mencapai 85% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2, hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai 90% dengankategori sangat baikReferences
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Riziq Press.
Anas, Sudjiono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Aningsih, & Jayanti, Icy Putri. (2017). “ Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Startegi Directed Reading Thinking Activity (Drta) di Kelas III SD Bani Saleh 2 Bekasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik. Vol. V. No.2, hlm. 23.
Ariawan, VAN. (2018). “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah dasar Melalui Implementasi Model CIRC berbantuan Media Cetak”. Al- Aulad Journal of Islamic Primary Education. Vol. 1 (2).
Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chatib, Munif. (2011). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.
Depdiknas. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Kebijaksanaan Umum. Jakarta: Puskur Balitbang.
Fatih, Mohamad. (2019). “Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Startegi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Siswa Kelas VA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, (1), hlm. 28.
Haryati, Siti. (2019). “Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar”. Teacher in Educational Research. Vol. 1, (2), 58.
Hasanah, Supitniar. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Perubahan Wujud Benda Menggunakan Model Student Teams Achievment Division
Inawati, Sanjaya. (2018). “ Kemampuan Membaca Cepat Dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri Oku”. Jurnal Bindo Sastra. Vol. 2, (1), hlm.174.
Istika, Linda Yudha. (2017). Penerapan Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MIN Wedoro Waru Sidoarjo. UIN Sunan Ampel. Surabaya: Thesis Tidak Dipublikasikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elviriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.