PENGARUH PENGGUNAAN DESMOS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Julius Martunas Sihite Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lois Oinike Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yoel Octobe Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20351

Keywords:

Penggunaan Desmos, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Desmos Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linear di SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pematang Siantar yang beralamat di Jl. Parsoburan No.24, Sukamaju, Siantar Marihat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21121. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA yang berjumlah 432 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 4 SMA yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes (posttest). Tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 butir soal dalam beintuk uraian dan angket dengan berisikan 11 pernyataan. Berdasarkan perhitungan yang telah diperoleh dari persamaan regresi linier sederhana bahwa Y= +X. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk penggunaan desmos, maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,316. Uji signifikansi dengan uji t diperoleh hasil sebesar 5,376 dengan signifikan 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan desmos terhadap hasil belajar siswa matematika siswa kelas XI pada materi program linear di SMA Negeri 1 Pematang Siantar.

References

Arfatin Nurrahmah, M. P., Febri Rismaningsih, S.Pd.Si, M. S., Ul’fah Hernaeny, M. P., Linda Pratiwi. M.Pd, Wahyudin, M. P., Abdul Rukyat. M.Pd, Fitri Yati, A. Md.RO.,SKM., M. P., Lusiani, S.Pd.Si., M. P., Dinar Riaddin, M. P., & Dr. Jan Setiawan, S. S. M. S. (2021). Pengantar Statistika 1 (.CEPT Haryanti, Suci, M.Pd (ed.)). Media Sains Indonesia.

Arikunto. (2020). PROSEDUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK. PT RINEKA CIPTA.

Asmara, T., Rahmawati, M., Aprilla, M., Harahap, E., & Darmawan, D. (2018). Strategi Pembelajaran Pemrograman Linier Menggunakan Metode Grafik Dan Simpleks. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 508–511.

Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Haerunnisa, N., Abdillah, A., Pramita, D., & ... (2021). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional …, 1(September), 2–9.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2018). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA SMA DALAM MEMVISUALISASIKAN MATERI AJAR DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE DESMOS The 8 th University Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. November, 78–86.

Isroil, A., Ilyas, & Prasetyoadi, R. H. (2021). Pembelajaran Persamaan Trigonometri Berbantuan Desmos dengan Model Pembelajaran Probem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Cendekia, 13(02), 136–143.

Lestari, I. (2014). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

McComas, W. F. (2014). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97

Meslita, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Desmos pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1857–1868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1409

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659–663.

Nurrita. (2018a). Kata Kunci?: Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Nurrita, T. (2018b). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Nursodiq, A., Winarti, W., Hariansyah, O., Informatika, T., Pamulang, U., Selatan, T., Informatika, T., Pamulang, U., & Selatan, T. (2023). PENGENALAN GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH ( MTs ) MATHLAUL ANWAR. 1(3).

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Rahmadhani, S., & Doly Nasution, M. (2022). Penggunaan desmos dalam pembelajaran matematika materi program linier sebagai sarana meningkatkan kemampuan siswa. AKSIOMA?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 237–247.

Retno Utari. (1942). Taksonomi bloom. 1–13.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2), 17–22.

Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Metematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37–47.

Sudjana, N. (2018). Penilaian hasil proses belajar mengajar (15th ed.). Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p049

Suyono, H., Syuhada, M. N., & Sumaryanto. (2021). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 851–858.

Tambunan, J. (2015). Pengantar Pendidikan (8th ed.). Universitas HKBP Nommensen Medan- Pematangsiantar.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.

Vassa, W. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Geogebra Materi Segi Empat Kelas VII SMP. Cartesius?: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 31–44. https://doi.org/10.54367/cartesius.v2i2.604

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Sihite, J. M. ., Tambunan, L. O. ., & Purba, Y. O. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN DESMOS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 765–772. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20351

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.