UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TUHEMBERUA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18319Keywords:
Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar Peserta DidikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Tuhemberua yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui upaya meningkatakan hasil belajar biologi peserta didik melalui model pembelajaran mind mapping kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tuhemberua dan (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran mind mapping di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Tuhemberua. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA-1 dengan jumlah peserta didik 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan peserta didik, lembar wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa : (1) Hasil observasi untuk guru pada siklus I mencapai rata-rata 48,84%, sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran meningkat menjadi 89,77%. (2) Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 47,45% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,38%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 68,88 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,11. (4) Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 40% dan siklus II mencapai sebesar 80%. Kesimpulannya bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tuhemberua.References
Ahmadi, (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” PT Rineka Cipta.
Andreas (2022) Pedoman Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deptdiknas. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan 1(8), 2621-2675.
Buzan (2018).Pintar Mind Mapping. Gramedia Pustaka Utama INS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 2 (1), 2598-7453.
https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372
Buzan. (2018). Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas. Gramedia Pustaka Utama. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 2(1), 2598-745.
https://seputarilmu.com/2018/09/mind-mapping.html
David (2021). Active Learning 101 cara belajar Peserta didik aktif Dengan Model Mind Mapping. Jurnal Paradigma 1 (11), 2723-3480.
Dimyati (2019). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta
Gagne (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas: Rajawali Pers.
Hartati (2018). Tersedia Cognitive psychology and its implication San Francisco.
http://en.wikipedia.org/wiki/mind_map.
Jasa Ungguh Muliawan, Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research. Gava Media.
Slameto (2021). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214
Slameto, (2018). Belajar, pembelajaran biologi dan faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Soekamto (2019). Teori Belajarar dan Model-Model Pembelajaran. Universitas Terbuka.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Alfabeta. Jurnal profesional 1(6), 2210-6921.
Sujiono (2021) Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Pedagogik 1(1), 2656-8071.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Noperiusman Gea, Novelina Andriani Zega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.