PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X-ATPH SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18278Keywords:
Project Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari cara guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Namun, kenyataannya di SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara, proses pembelajaran masih terfokus pada guru dan peserta didik hanya menerima penjelasan materi dari guru. Guru kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model project based learning kelas X-ATPH SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan model pembelajaran project based learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar observasi (2) Tes hasil belajar, (3) Lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran project based learning mendapat peningkatan, yaitu pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata peserta didik adalah 73 tergolong kategori cukup dan persentase peserta didik yang tuntas belajar 69%, sedangkan pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata peserta didik adalah 85 tergolong kategori baik dan persentase peserta didik yang tuntas belajar 93%. Dari hasil penelitian di atas, dengan penerapan model pembelajaran project based learning sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitianReferences
Antara, G.B., P. Suka Arsa & A. Adiarta. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X BB2. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksa, 8(2), 49-58.
Bahrin, & Rosa Ayuni. (2023). Analisis Ketuntasan Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS. Journal on Education, 5(3), 8994-8998.
http://jonedu.org/index.php/joe.
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori. UPT UHAMKA Press.
Daryanto, & Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.
Djamaluddin, Ahdar., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. Kaaffah Learning Center.
Fathurrohman, Muhammad., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Teras.
Hayati, Sri. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia.
Herawati, & Muazza. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Bayung Lencir, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 437-450.
https://dinastirev.org/JMPIS.
Iswantari, Indah. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(4), 490-496.
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/index.
Khoiruddin, Ahmad., & Djoko Suwito. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik pada Kompetensi Dasar Aksi dan Reaksi Gaya SMK Negeri 7 Surabaya. JPTM,11(1), 38-43.
Lailatunnahar, Triani. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 pada Peserta didik Kelas VII.1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1084-1094.
Mulyadi, Eko. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Peserta didik SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 386-395.
Nainggolan, Deklay., Hans F. Pontororing, & Dominicus Tinus. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahapeserta didik dalam Mata Kuliah Pengantar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 133-138.
Nurhayati, Ai Sri., Kusnandar, & Dwi Harianti. (2019). Rancangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pjbl yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Pustekkom Kemendikbud.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar
Riyani, Rizki., Syafdi Maizora, & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1 (1), 2581-253X
Sappaile, Baso Intang., Triyanto Pristiwaluyo, & Itha Deviana. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Peserta didik. Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).
Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setiawan, Hasrian Rudi., & Darliana Sormin. (2022). Strategi Pembelajaran Langsung (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Peserta didik). UMSU Press.
Simangunsong, Habibah Hanun., Izra Aulia Almi Hrp, Nabilah Syahirah Azhari, Nurhani Afdilani, & Indayana Febriani Tanjung. (2022). Penerapan Project Based Learning (Pjbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan pada Materi Gen. Jurnal PTK dan Pendidikan. 8(2), 107-115.
http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ptkpend/article/view/7908.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Sukardi, H.M. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. PT Bumi Aksara
Widiyanto, Joko. (2018). Evaluasi Pembelajaran. UNIPMA Press
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA)
Yustika, Gebi., & Erlina Prihatnani. (2019). Peningkatan Hasil dan Keaktifan Belajar Peserta didik Melalui NHT. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 481-493
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yarnius Zega, Desman Telaumbanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.