ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER SMA NEGERI 2 ONOHAZUMBA

Authors

  • Putra Harapan Jaya Lombu Universitas Nias
  • Novelina Adriani Zega Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26850

Keywords:

Tes Kemampuan Kognitif Dan Afektif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan peneliti pada pemahaman peserta didik di SMA Negeri 2 Onohazumba yang tergolong kemampuan belajar masih kurang efektif baik pada ranah kognitif maupun ranah afektif dan kurang mampu menyelesaikan soal tes evaluasi dalam pembelajaran pada materi pembelahan sel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil kemampuan belajar peserta didik pada ranah kogntif dan afektif dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah 19 orang peserta didik kelas XII-MIPA SMA Negeri 2 Onohazumba. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, tes hasil belajar kognitif, dan tes hasil belajar afektif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil nilai tes belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi pada materi pembelahan sel tidak semua mencapai KKM 65 dengan nilai rata-rata peserta didik 60. Nilai tertinggi pada tes hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dan afektif melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran biologi yaitu 70 dan nilai terendah 60.

References

Afrizal. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Pengetahuan Penilaian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Cori, S. (2022). Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Bekasi:Pedagogik

Erita. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntannsi Siswa Kelas XII SMK Nusatama Padang. Journal of Economic and Economic Education.

Fitriani Astuti. (2021). Analisis Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Soal. Ujian Sekolah Pada Bahasa Jawa. http://Journal.Unnesa.Ac.Id/Sju/Index

Handayani, (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah.

Ningsih, Y. (2022). Hubungan antara aktifitas belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran Biologi. Makassar.

Maya Saftari & Nurul Fajriah. (2019). Penilaian ranah afektif dalam bentuk penilaian sikap untuk menilai hasil. Universitas Siwijaya

Ruwaidah, H . (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. AL Mandrasah.

Sari, D. (2017). Peningkatan hasil belajar ips menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas 6 sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Sudjana. N. (2014). Penilaian Hasil Belajar Mengajar Bandung. Pt Remaja Rosdakarya

Surya, Y. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu.

Syarif, M. (2022). Pengembangan Metode Cooperative Tipe Numbered Head Together Dalam Pembelajaran Aqidah.

Universitas Nias. (2022). Pedoma Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Gunungsitoli.

Umam, M. Z. (2017). Pengembangan instrument penililaian sikap dan Karakter pada mata pelajaran matematika SMK. Tesis. Bandar Lampung:Universitas Lampung.

Usman, U. (2009). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Lombu, P. H. J., Zega, N. A. ., Gulo, H. ., & Telaumbanua, D. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER SMA NEGERI 2 ONOHAZUMBA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4109–4115. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26850

Most read articles by the same author(s)