PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 1 SATU ATAP PULAU SIMUK TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28239Keywords:
Think Pair Share, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil temuan dilapangan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru, peserta didik kurang terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Satu Atap Pulau Simuk. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share diperoleh rata-rata hasil refleksi Siklus I yaitu 61,34% dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 86,36% dengan kriteria baik. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada Siklus I yaitu 68,17 dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 80,67 dengan kriteria baik.References
Arfani, Laili. (2020). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Hukum, Vol. 11, No. 2, Hal. 81-97.
Faizah, Silviana Nur. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1, No. 2, Hal. 175-185.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol. 11, No. 1, Hal. 85-99.
Hazmi, Nahdatul. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, Vol. 2, No. 1, Hal. 56-65.
Junaedi, Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, Vol. 3, No. 2, Hal. 19-25.
Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.
Khoerunnisa, Putri dan Syifa M. Aqwal. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, Hal. 1-27.
Lahamma, Hajrah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Pada Pokok Bahasan Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII-7 SMP Negeri 4 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM, Vol. 6, No. 2, Hal. 1496-1505.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lubis, Rukiah, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Menggunakan Media Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 2, No. 2, Hal. 160-178.
Marasabessy, Apridayani dan Harina Sangadji. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Benda Padat Dan Benda Cair Siswa Kelas III SD Negeri 3 Halmahera Barat. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran & Sains Fisika, Vol. 2, No. 1, Hal. 84-102.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, Vol. 03, No. 01, Hal. 171-187.
Puspitasari, Sri. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jurnal Global Edukasi, Vol. 3, No. 1, Hal. 55-60.
Rosni. (2019). Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Di SMA Negeri 2 Tembilahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 3, No. 6, Hal. 1294-1305.
Setiawati, Siti Ma’rifah. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, Vol. 35, No. 1, Hal. 31-46.
Silvina, Rini. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Rokania, Vol. 2, No. 2, Hal. 265-273.
Suarim, Biasri dan Neviyarni. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 1, Hal. 75-83.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tibahary, Abdul R. dan Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, Vol. 1, No. 1, Hal. 54-64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yatria Yarisbeth Gari; Natalia Kristiani Lase, Desman Telaumbanua, Hardikupatu Gulo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.