UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERGAULAN BEBAS DI SMP NEGERI 263 JAKARTA

Authors

  • Christine Masada H.T Universitas Indraprasta PGRI
  • Miskanik Miskanik Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17656

Keywords:

Pergaulan Bebas, Guru Bimbingan Dan Konseling, SMP Negeri 263 Jakarta, Upaya Mengatasi

Abstract

Pergaulan bebas merupakan salah satu masalah sosial yang sering dihadapi di lingkungan sekolah, termasuk di SMP Negeri 263 Jakarta. Guru bimbingan dan konseling memainkan peran penting dalam mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi pergaulan bebas di SMP Negeri 263 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pergaulan bebas di SMP Negeri 263 Jakarta. Kesimpulannya, guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 263 Jakarta berperan penting dalam mengatasi pergaulan bebas dengan melakukan berbagai upaya yang meliputi konseling individu, bimbingan kelompok, sosialisasi nilai-nilai positif, kerjasama dengan orang tua, dan pengawasan serta pembinaan. Dengan adanya upaya ini, diharapkan pergaulan bebas di sekolah dapat ditekan dan siswa dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan kondusif.

References

Andriani, M. W. (2021). Gambaran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(2), 86–94.

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Klinik. Rineka Cipta, Jakarta, 370.

(Data Reduction). (n.d). (n.d.). Teknik Pengolahan dan Analisis Data a. . Https://123dok.Com/Article/Teknik-Pengolahan-Analisis-Data-Reduksi-Data-Data-Reduction.Ynpw2rlz.

Maba, A. P. (2017). Paradoxical intervention dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi kecemasan. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 99–109.

Santy, Z. A. W., Bariyyah, K., & Soejanto, L. T. (2019). Pengembangan Inventori Motivasi Belajar Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol, 5(1).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Masada H.T, C. ., & Miskanik, M. (2023). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERGAULAN BEBAS DI SMP NEGERI 263 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 68–76. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17656