PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TIGA DIMENSI UNTUK PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Chika Titania Putri Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau
  • Febrialismanto Febrialismanto Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau
  • Hukmi Hukmi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1395

Keywords:

Media Audio Visual Tiga Dimensi, Pengenalan Rambu Lalu Lintas, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media audio visual tiga dimensi untuk pengenalan rambu lalu lintas pada anak usia 5-6 tahun yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan procedural dalam model rancangan pembelajaran Borg dan Gall menurut (Sugiyono, 2013). Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan 5 tahap yaitu mengetahui masalah atau potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan saat melakukan validasi dari akademisi sebagai ahli media dan ahli materi, kemudian validasi dari praktisi dilakukan oleh guru TK yang telah bersertifikasi. Rata- rata penilaian validator ahli materi sebesar 71,4 % dengan tingkat kelayakan layak, kemudian rata-rata penilaian ahli media sebesar 83% dengan tingkat kelayakan sangat layak dan kemudian hasil rata rata penilaian ahli pendidik sebesar 81,94% dengan tingkat kelayakan sangat layak.

Author Biographies

Chika Titania Putri, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Febrialismanto Febrialismanto, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Hukmi Hukmi, Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Riau

References

Angkur, M. F. M. (2019). Penerapan pendekatan saintifik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Smart Paud, 2(1), 37–42.

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. In Jakarta: Rajawali Pers.

Budianto, A. (2014). Analisis Dan Perancangan Game Edukasi ‘Need for Safety’Sebagai Sarana Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. J. Pendidik. Tek. Inform, 1–7.

Handayani, P. P., & Suyitno, S. (2018). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIFFERENTIAL/GARDAN PADA KELAS XI TKR SMK KARYA MANDIRI NUSAWUNGU. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(02).

Irsyad, M. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA DARLANTAS (SADAR BERLALU LINTAS) UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN ETIKA BERLALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI.

Kriswati, A. (2013). Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 0–216.

Riduwan, S. (2012). Pengantar Statistika. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARYA.

Sani, Z. (2010). Transportasi (Suatu Pengantar). Universitas Indonesia (UIPress), Jakarta.

Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.

Tapran, H. (2010). Pengetahuan Dasar Berlalulintas. PT Jepe Press Media Utama (Jawa Pos Group), Surabaya.

Wiyarti, Y., & Nugroho, G. K. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Alat Transportasi Dan Rambu-Rambu Lalu Lintas Pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang Sragen. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 6(2).

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Putri, C. T., Febrialismanto, F., & Hukmi, H. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TIGA DIMENSI UNTUK PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 404–412. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1395