Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13190Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 001 Salo dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Pembelajaran Berdasarkan Masalah yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN 001 Salo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 30 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan Model Pembelajaran Langsung hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan hasil belajar IPA yang ditetapkan dalam penelitian, jika mencapai secara klasikal diperoleh > 75% siswa mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa penerapan Model Pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 001 Salo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, khususnya pada pokok bahasan Cahaya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata ketercapaian hasil belajar IPA siswa pada pra tindakan (sebelum penerapan tindakan) adalah 63,3 dengan persentase ketuntasan 56%, sedangkan setelah penerapan tindakan pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 76,6% yang terletak pada kategori sedang dengan rata-rata hasil belajar 71,6 dan pada siklus ke II meningkat menjadi 96,6% dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 83,3. Dalam proses pembelajarannya, guru mengemukakan fenomena-fenomena atau masalah yang ditemukan sehari-hari yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas. Dengan fenomena-fenomena tersebut siswa dibimbing untuk bereksperimen untuk mencari penyelesaian dan menemukan konsep dari materi dalam pembelajaran tersebut.Downloads
Published
2023-02-25
How to Cite
Arianti, N. S. ., Witarsa, R. ., & Masrul, M. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6094–6098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13190
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Novi Sagita Arianti, Ramdhan Witarsa, Masrul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).