Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12639Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS. Hal ini didasarkan pada jumlah siswa yang hasil belajarnya dibawah kriteria ketuntasan maksimum (KKM) yang di tetapkan sekolah yaitu 70, dari 18 orang siswa 6 orang siswa mendapatkan nilai baik atau diatas KKM dan 12 orang siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini merupakanb penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi teknologi dengan penerapan model cooperative learning tipe talking stick pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bangkinang yang berjumlah 18 orang siswa yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 6 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan sebelum tindakan hanya mencapai 34%, siklus I meningkat menjadi 70%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Dsapat disimpulkan bahwas dengan penerapan model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi teknologi pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bangkinang.Downloads
Published
2022-02-28
How to Cite
Devimar, H. ., Daulay, M. I. ., & Nurmalina, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 728–734. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12639
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Helen Devimar, Musnar Indra Daulay, Nurmalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).