Perspektif Sistem Dalam Teknologi Pendidikan

Authors

  • Tompul Tompul Universitas Kristen Indonesia
  • Panuturi sitompul Universitas Kristen Indonesia
  • Dina Meriana Universitas Kristen Indonesia
  • Djoys Anneke Rantung Universitas Kristen Indonesia
  • Noh Ibrahim Boiliu Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11427

Abstract

Teknologi pendidikan mengacu pada penggunaan alat, teknologi, proses, prosedur, sumber daya, dan strategi untuk meningkatkan pengalaman belajar dalam berbagai pengaturan, seperti pembelajaran formal, pembelajaran informal, pembelajaran nonformal, pembelajaran sepanjang hayat, pembelajaran sesuai permintaan, pembelajaran di tempat kerja, dan pembelajaran tepat waktu Pendekatan teknologi pendidikan berevolusi dari penggunaan awal alat pengajaran dan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir untuk memasukkan perangkat dan pendekatan seperti teknologi seluler, realitas virtual dan augmented, simulasi dan lingkungan imersif, pembelajaran kolaboratif, jejaring sosial, komputasi awan, flipped class room, dan lainnyaPenggunaan teknologi modern bukanlah kata asing. Begitu pula dengan masa training saat ini, yang bisa menjadi pelopor lahirnya teknologi. Sudah sewajarnya jika teknologi dapat digunakan di dalam kelas untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dari sinilah lahir istilah teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terintegrasi yang melibatkan orang, proses, perangkat dan organisasi dalam analisis masalah dan pemecahan berbagai masalah yang mempengaruhi semua aspek pembelajaran manusiaBerdasarkan kajian di atas, maka disimpulkan bahwa perspektif system dalam teknologi pendidikan sangat berpengaruh dalam hal memberikan kemudahan dalam mengimplementasikan suatu system proses belajar secara nyata, tidak hanya pada perencanaan dan proses tetapi pada tataran pengelolaan, pemanfaatan, pengembangan, dan tahap penilaian.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Tompul, T., sitompul, P. ., Meriana, D. ., Rantung, D. A. ., & Boiliu, N. I. . (2023). Perspektif Sistem Dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2890–2898. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11427